Selasa , 31 Maret 2020

10 Bulan Latihan, Marching Band UNS Sabet Juara 2 GPMB

31 Desember 2019 10:01 WIB


Player MB UNS berpose dengan deretan piala juara yang dikoleksi dalam GPMB ke-35 tahun 2019, di Istora Senayan Jakarta, Jumat (29/12/2019)

SOLO, solotrust.com - Akhir tahun ini, Marching Band Universitas Sebelas Maret (MB UNS) menyumbang prestasi dengan raihan koleksi tujuh buah piala dan menempati juara kedua dalam kejuaraan Grand Prix Marching Band (GPMB) Tingkat Nasional XXXV tahun 2019 di Istora Senayan Jakarta pada 28-29 Desember 2019.

“Sebanyak tujuh piala diraih MB UNS, antara lain juara 1 Pit Instrument, juara 2 Ensemble Color Guard, juara terbaik 3 Teknik Color Guard, juara terbaik 2 Show and Performance, juara 1 terbaik Ensembel Musik, juara terbaik 3 Teknik Brass dan juara terbaik 3 Ensembel Visual,” papar pembina MB UNS, Tundjung W Sutirto, Senin (30/12/2019).



Tundjung menjelaskan, dalam penampilannya MB UNS berjumlah 95 mahasiswa menyuguhkan tema Farmer dinamika dunia pertanian di Indonesia. Mereka menghadirkan properti suasana pedesaan dan persawahan dibalut dengan aransemen lagu khas MB UNS.

“Penampilan MB UNS menggambarkan kearifan lokal Indonesia sebagai bangsa agraris, properti yang kami gunakan seperti gubug, memedi sawah, cangkul, dan caping serta atribut lainnya,” ucap dia.

Terkait persiapan, Tundjung Sutirto menceritakan selama sepuluh bulan terakhir MB UNS telah melakukan latihan rutin oleh segenap player. MB UNS sadar harus mematangkan penampilan estetika seni, keseriusan dan display harmonis dalam paduan lagu dengan konfigurasi gerak.

“Persiapan dan latihan rutin sejak Februari 2019 lalu. Pemain juga tertib dan disiplin, meski di sela-sela kegiatan akademik, bahkan kalau akhir pekan latihan sampai larut malam. Latihannya memang butuh waktu lama,” ungkapnya.

Atas prestasi itu, MB UNS berhak memboyong piala bergilir Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia serta uang pembinaan sebesar Rp20 juta setelah mampu menyingkirkan beberapa peserta MB dari seluruh Indonesia. Adapun juara 1 diraih MB Waditra Prima Sangatta PT Kaltim Prima Coal dan juara 3 diraih MB Universitas Marmadewa Denpasar.

Tundjung Sutirto berharap, prestasi ini dapat menjadi pelecut semangat menghadapi kompetisi tahun depan dan level lebih tinggi, salah satunya Kompetisi Batam Tourism International Marching Championships (BTIMBC) 2020 mempertemukan MB se-Asia.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Kuncoro Diharjo mengapresiasi usaha segenap player, pelatih, official MB UNS, termasuk alumni MB dan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS di Jakarta. Prestasi ini juga menjadi modal kuat memasuki dunia kerja saat mereka lulus nanti.

“Keberhasilan ini merupakan buah dari kerja keras, ketekunan dalam berlatih dan kedisiplinan. Lebih penting dari peraihan juara adalah terbentuknya soft competence dan soft skill yang kuat bagi tim MB UNS. Mereka telah mampu meningkatkan kualitas lulusan UNS sekaligus meningkatkan reputasi dan kualitas UNS,” kata dia.

Sebelum berangkat mengikuti kompetisi, MB UNS menggelar konser pamit diisaksikan ribuan penonton hingga memadati tribun barat stadion UNS, Jumat (22/12/2019). Diketahui, MB UNS juga pernah mendapat juara dua saat tampil di kejuaraan internasional di Thailand pada 2017 lalu. (adr)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com