Hard News

Puting Beliung “Menari” Selama 3 menit, Umbul Ponggok Porak Poranda

Jateng & DIY

4 Januari 2020 13:46 WIB

Umbul POnggok diterjang angin puting beliung.

KLATEN, solotrust.com- Diterjang angin puting beliung pada Jumat (3/1/2020) sore, obyek wisata Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten porak poranda. Angin yang berlangsung tidak kurang dari 3 menit itu dapat merobohkan atap parkir dan baliho yang berada di dekat pintu masuk, serta atap bangunan di sebelah utara obyek wisata air rusak.

Sri Buteng (41) yang merupakan Satpam obyek wisata Umbul Ponggok menceritakan, angin puting beliung melanda dari arah barat ke timur sekitar pukul 15.45 WIB sebelum terjadi hujan deras. Angin berjalan begitu cepat dan kencang dengan kekuatan cukup dahsyat, hingga menyapu atap bangunan di Umbul Ponggok sebelah utara ke arah timur.



“Seluruh atap rusak parah bahkan ada yang sempat terbang hingga pertigaan dekat eks kantor Desa Ponggok,"katanya, kepada wartawan.

Waktu terjadi angin puting beliung, lanjut dia masih banyak pengunjung yang sedang menikmati obyek wisata melihat banyak atap berhamburan, para pengunjung bergegas berlarian mencari tempat yang aman.

"Mereka lari ketika melihat angin kencang," kata Sri.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Sementara ini, BUMDes Tirta Mandiri bersama Pemdes masih melakukan identifikasi kerusakan yang ditimbulkan akibat musibah ini.

"Kerusakan juga mengenai lokasi, bangunan joglo hingga roboh begitu juga atap rumah sebagian warga ada yang mengalami kerusakan," kata Sekdes Desa Ponggok Yani Setiadi.

Atas kejadian itu,para relawan dibantu dari TNI dan Polri serta masyarakat sedang melakukan evakuasi sejumlah atap dan penyangga baliho yang rusak. Dalam kejadian itu kerugian ditaksir mencapai Rp 650 juta lebih. (Jaka).

(wd)