Selasa , 31 Maret 2020

Setelah Suga, RM & J-Hope BTS Jadi Anggota Penuh KOMCA

22 Januari 2020 20:55 WIB


RM & J-Hope BTS (Foto: Big Hit Entertainment)


Solotrust.com - Setelah Suga, dua anggota BTS lain yakni RM dan J-Hope resmi menjadi anggota penuh Korea Music Copyright Association (KOMCA) atau Asosiasi Hak Cipta Musik Korea.



Pada 22 Januari 2020, KOMCA merilis daftar 25 penulis lagu yang kini menjadi anggota penuh asosiasi itu. RM (Kim Namjoon) dan J-Hope (Jung Hoseok) ada bersama 23 nama lain termasuk Supreme Boi yang juga bekerja di Big Hit, rapper San E dan Giriboy.

Suga menjadi anggota penuh KOMCA pada 2018. Semua anggota BTS sudah menjadi anggota KOMCA, namun baru Suga yang menjadi anggota penuh saat itu.

Para pemilik hak cipta masik di Korea Selatan yakni penulis lirik, komposer, arranger dan pencipta musik dapat bergabung dalam KOMCA sebagai anggota. Anggota yang telah memenuhi syarat tertentu dapat dipromosikan menjadi anggota penuh.

Setiap tahun, KOMCA memilih 25 anggota penuh, dimana salah satu syaratnya adalah seorang penulis lagu sudah menjadi anggota KOMCA selama tiga tahun dan menghasilkan royalti lebih dari $30.000 (sekitar Rp409 juta) pertahunnya dalam kurun waktu tersebut.

Selain itu, untuk diterima sebagai anggota tetap KOMCA, para penulis lagu harus terklasifikasi memberikan “penciptaan musik yang substansial” selama periode tersebut.

Dengan menjadi anggota penuh KOMCA, seorang pencipta lagu bisa memiliki hak untuk melakukan voting pada pertemuan umum organisasi tersebut.

KOMCA adalah organisasi non-profit yang dibentuk pada tahun 1964 dan menjadi salah satu asosasi hak cipta musik yang terbesar di Asia. KOMCA telah memiliki lebih dari 20.000 anggota.

KOMCA bertugas untuk melindungi hak cipta dalam bidang musik, penampilan publik, hak penyiaran, teknik penyiaran dan hak reproduksi musik di Korea Selatan. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com