Sabtu , 4 April 2020

Tampil di Grammy, BTS Merasa K-Pop Akhirnya Diakui di Seluruh Dunia

30 Januari 2020 23:56 WIB


BTS saat hadir dalam acara "The Late Late Show with James Corden". (Dok. The Late Late Show with James Corden/CBS).


Solotrust.com - BTS mencetak sejarah dengan menjadi artis Korea Selatan pertama yang tampil di Grammy Awards. Grup beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook itu bergabung dengan Lil Nas X serta artis-artis lain yakni Nas, Mason Ramsey, Diplo dan Billy Ray Cyrus dalam penampilan "Old Town Road All-Star" di Staples Center, Los Angeles, 26 Januari 2020 waktu setempat.



"Old Town Road" adalah lagu dari Lil Nas X featuring Billy Ray Cyrus yang berhasil mencetak sejarah di Billboard, sebagai lagu terlama yang memuncaki chart HOT 100, yakni selama 17 minggu.

Baca: Black Swan BTS Tembus Chart HOT 100 Billboard, Debut di Peringkat 57

Lil Nas X dan RM sendiri pernah berkolaborasi dalam versi Seoul dari "Old Town Road" yakni "Seoul Town Road". Dalam liriknya, RM menggunakan permainan kata (wordplay) "homie" yang merujuk pada alat berkebun yang populer di Korea Selatan, yang dikenal sebagai "homi."

Tak hanya menampilkan "Old Town Road", RM juga menampilkan penggalan "Seoul Town Road" di panggung Grammy, dengan lirik seperti "Aku punya homi di tasku. Homi yang terbuat dari baja, dari Korea, mereka adalah yang terbaik".

Meski dalam versi aslinya "Seoul Town Road" adalah hanya kolaborasi Lil Nas X dengan RM, namun tidak satupun anggota BTS lain yang terlihat tersisih dan hanya menjadi background di panggung ketika lagu itu dibawakan bersama. BTS menunjukkan kekuatan mereka sebagai 7 orang, yangmana semua anggota bisa bersinar tanpa terkecuali.

Pengaturan porsi tiap anggota begitu tertata, meski mereka hanya tampil sekitar 45 detik. J-Hope dan Suga terlihat bergabung dengan RM serta menambahkan ad libs mereka sendiri dalam penampilannya. Mereka diikuti oleh Jin dan V yang bernyanyi dan melakukan koreografi dengan Lil Nas X. Setelah itu vokalis utama BTS yakni Jimin dan Jungkook membawakan chorusnya dengan penuh harmoni. Ketujuh anggota pun melebur dalam dance bersama Lil Nas X.

Pada tahun 2019, BTS telah mencetak sejarah dengan menjadi artis Korea Selatan pertama yang menjadi presenter di Grammy Awards. Tahun ini, impian mereka untuk tampil di Grammy menjadi kenyataan.

"Tahun lalu kami mengatakan kami akan kembali, tetapi tidak berpikir itu akan terjadi. Grammy Awards adalah panggung impian bagi setiap artis, jadi kami sangat berterima kasih dan senang bahwa kami telah mencapai impian itu," kata BTS via Big Hit Entertainment, agensi mereka.

Pada 29 Januari 2020, BTS menampilkan single terbarunya "Black Swan" untuk pertama kali di "The Late Late Show with James Corden" di CBS, salah satu stasiun televisi di Amerika Serikat. BTS pun mengungkapkan kesannya bisa menjadi artis K-Pop pertama yang tampil di Grammy.

"Kami merasa seperti K-pop akhirnya dikenal di seluruh dunia," kata RM.

J-Hope juga mengatakan bahwa segala sesuatu tentang Grammy pada malam itu begitu istimewa buat mereka.

Sementara itu Suga mengatakan keinginan BTS untuk kembali ke panggung Grammy, dengan mengatakan bahwa mereka ingin mendapatkan panggungnya sendiri, dengan mengatakan, "Kami juga ingin melakukan penampilan di panggung BTS."

Dalam siaran V Live setelah tampilnya BTS di Grammy, RM dan anggota yang lain pun mengungkapkan kebanggaannya bisa tampil di Grammy. Jimin mengatakan bahwa tiap kali BTS dan K-Pop disebut dalam panggung Grammy, ia merasa sangat bersemangat.

RM dan Suga mengatakan bahwa Grammy bukanlah sesuatu yang mudah untuk diraih. RM mengatakan bahwa Grammy tidak hanya tentang angka penjualan (lagu atau album), tapi Grammy memiliki sekitar 20.000 anggota yang tiap tahun melakukan voting untuk memilih nominasi. BTS sendiri juga telah masuk menjadi anggota dan telah ikut melakukan voting. Sementara Suga mengatakan Nas juga baru pertama kalinya tampil di Grammy.

Dalam siaran itu, para anggota BTS tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya karena bisa bertemu dengan idola-idola mereka. V bahagia bisa bertemu dengan Alicia Keys, Jimin akhirnya bisa bertemu dengan Usher, dan RM yang merupakan penggemar berat Nas sejak kecil akhirnya bisa bertemu dan bahkan berfoto langsung dengannya. Ia mengatakan tangannya sampai berkeringat ketika bertemu dengan Nas. Nas debut dengan album "Illmatic" pada 1994, tahun dimana RM lahir. RM beberapa kali menyebut Nas sebagai inspirasinya, seperti dalam lagu "Hip Hop Lovers" dan lagu pre debutnya "Dreamin'".

Baca: Meski Singkat, 7 Anggota BTS Mampu Bersinar di Panggung Grammy 2020

 

 

BTS akan kembali dengan album terbarunya "Map of the Soul: 7" pada 21 Februari 2020. Single perdana dari album ini yakni "Black Swan" telah dirilis pada 17 Januari dan berhasil tembus chart HOT 100 di Billboard. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com