Hard News

Dewan Minta Panti Wreda Dharma Bhakti Solo Direnovasi

Jateng & DIY

1 Februari 2020 17:05 WIB

Komisi IV DPRD Solo meminta gedung Panti Wreda Dharma Bhakti Kleco diperbaiki

SOLO, solotrust.com - Komisi IV DPRD Solo meminta gedung Panti Wreda Dharma Bhakti Kleco diperbaiki. Pasalnya, bangunan yang dihuni 75 warga lanjut usia (Lansia) itu dinilai tidak layak karena sudah terlalu tua.

Menurut Ketua Komisi IV DPRD Solo, Putut Gunawan, saran perbaikan gedung panti diperoleh setelah dirinya dan tim menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke lokasi tersebut, Jumat (31/01/2020). Berdasarkan hasil sidak, ditemukan beberapa kondisi gedung yang telah tua dan harus diperbaiki untuk kenyamanan warga penghuni panti.



"Beberapa atap bangunan bocor, sejumlah ruang kurang ventilasi, dan beberapa bagian dinding retak. Memang harus segera diperbaiki, untuk itu kami akan melakukan koordinasi dengan Pemkot (pemerintah kota) Solo guna menyelesaikan persoalan yang ada di dalam panti," tuturnya.

Kendati demikian, Putut Gunawan menekankan salah satu hal mendesak diselesaikan segera, yakni kondisi bangunan sudah tua dan tidak layak, kemudian minimnya sarana mobilitas penghuni panti berupa kursi roda.

"Adapun untuk kebutuhan kursi roda, kami akan segera menyelesaikan dengan mencari pos anggaran di APBD Perubahan 2020. Saya yakin tahun ini pengadaan kursi roda baru untuk warga panti akan segera terealisasi. Kami tadi melihat banyak kursi roda yang sudah tidak bisa dipakai, ditumpuk begitu saja, padahal kebutuhannya mendesak. Nanti kami langsung bahas dengan OPD (organisasi perangkat daerah),” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Evi Mahanani Avianto menambahkan, kondisi bangunan panti wreda belum pernah diperbaiki atau dibangun ulang sejak didirikan pada 1977 silam.

"Panti ini dibangun tahun 1977 dan memang belum ada pembangunan ulang sampai saat ini. Paling hanya renovasi," pungkasnya. (awa)

(redaksi)