Selasa , 7 Juli 2020

Thalita Latief Terkena Tumor Tiroid Stadium 4, Kenali Gejala-Gejalanya

7 Maret 2020 11:13 WIB


Thalita Latief.


JAKARTA, solotrust.com- Sejak awal tahun ini pesinetron Thalita Latief kerap menghibur follower-nya melalui video tiktok yang mengundang tawa. Namun tanpa diduga pada Jumat (6/3/2020) ia mengunggah video yang mengagetkan. Ia mengaku mengidap tumor tiroid.



Jika dilihat dalam video berdurasi 2 menit 20 detik ini, wajahnya tampak tengah dirundung kegelisahan.

"Assalamualaikum... Halo semuanya, kali ini aku upload videonya agak berbeda. Tidak seperti biasanya. Mau share sesuatu yang belum pernah aku share sebelumnya. Jadi, aku sakit, teman-teman," ucap istri Dennis Rizky.

Kemudian Thalita Latief mengungkapkan bahwa ia tengah mengidap tumor dan sudah memasuki stadium 4.

"Dari awal Januari kemarin, aku divonis memiliki tumor di tiroid aku. Grade empat," lanjutnya.

Thalita mengaku sudah dua bulan mengetahui penyakitnya, namun sampai saat ini ia masih sangat terkejut. Ia bolak-balik ke rumah sakit dan berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan perawatan.

Perempuan kelahiran 9 Oktober 2011 ini juga menceritakan tengah berada di rumah sakit untuk menjalankan operasi pengangkatan tumor yang berada di lehernya. Tidak urung, Thalita memohon doa agar operasi yang ia lakukan bisa berjalan dengan lancar.

"Tumor ini harus segera diangkat. Jadi hari ini, mungkin pas teman-teman lagi nonton video ini, itu aku lagi ada di kamar operasi. Aku mohon maaf lahir batin sama semuanya. Doain semoga pengangkatan tumor di leherku ini berjalan dengan lancar, semoga Allah mengangkat semua penyakit yang enggak baik yang ada di tubuh aku."

Melansir laman Healthline, kelenjar tiroid adalah bagian dari sistem endokrin. Sistem endokrin menghasilkan hormon yang mengatur fungsi normal tubuh. Tiroid adalah kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu di dasar tenggorokan yang memiliki lobus kiri dan kanan.

Tiroid membentuk hormon tiroksin yang membantu tubuh mengatur metabolisme, tekanan darah, detak jantung, suhu tubuh, berat badan.

Siapa saja yang memiliki risiko? Riwayat keluarga, wanita, pernah memiliki riwayat kanker payudara, riwayat paparan radiasi, dan faktor usia.

Pada tahap awal, tumor tiroid tidak memiliki gejala. Tapi ketika mulai memasuki tahap berikutnya, gejala yang muncul antara lain benjolan di tenggorokan, batuk suara serak, sakit di tenggorokan dan leher, kesulitan menelan, dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

Jika Anda memiliki gejala seperti di atas berkonsultasilah dengan dokter.

Kebanyakan orang yang mengalami tumor tiroid akan menjalani operasi pengangkaran seluruh atau sebagian kelenjar tiroid, seperti Thalita Latief. Tanpa kelenjar tersebut, berarti tubuh akan kehilangan kemampuan menghasilkan hormon tiroid secara normal. Namun, hormon ini dapat digantikan dengan suplemen oral. #teras.id

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com