Kamis , 16 Juli 2020

Infrastruktur Teknologi Indonesia Mengutamakan Kualitas Data Center

19 Maret 2020 16:41 WIB


Data Center

Solotrust.com - Indonesia sudah memiliki banyak kemajuan walaupun masih terhitung sebagai negara berkembang. Banyaknya infrastruktur yang berdiri seperti bangunan, jalanan umum, dan fasilitas umum lainnya menjadi saksi peradaban baru yang berdiri kokoh. Tidak hanya infrastruktur dalam dunia nyata, Indonesia tentu mengalami infrastruktur dalam dunia teknologi terutama yang dialami oleh perusahaan besar di penjuru nusantara.
 
Banyak perusahaan yang dulunya memakai banyak server, hal ini terjadi karena keterbatasan dari server yang digunakan sebelumnya. Namun, setiap server yang bekerja memiliki kapasitas minimum guna mengimbangi proses kerja yang tinggi serta tempat penyimpanan. Akibat dari server yang digunakan terlalu banyak adalah pengeluaran biaya yang membludak dan hal tersebut tidak efisien.
 
Untuk mengatasi ketidak efisienan tersebut, perlu adanya virtualisasi data center. Sehingga, kita dapat meminimalisir penggunaan banyak server. Dengan melakukan virtualisasi, kita dapat mengatasi beberapa permasalahan seperti server, operasi, jaringan, dan sistem penyimpanan. 
 
Sistem penyimpanan memang menjadi topik utama bagi setiap perusahaan yang memanfaatkan teknologi dalam lingkungan kerjanya. Banyak data yang perlu disimpan, terlebih lagi juga memerlukan tingkat keamanan yang tinggi agar tidak mudah hilang begitu saja atau dicuri oleh orang lain. 
 
Virtualisasi modern memudahkan untuk melakukan penyimpanan data tanpa perlu membeli perangkat baru sebagai storage. Alhasil, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli perangkat lain. Walaupun memang harganya bisa saja melampaui pembelian perangkat baru, namun jika dihitung ke depannya hal ini dapat menambah penghematan biaya secara signifikan.
 
Untuk itu, pemilihan dalam fasilitas penyimpanan pun perlu memperhatikan beberapa hal seperti biayanya, kualitas, tingkat keamanannya, dan track record. Untuk track record, anda bisa mencarinya by internet. Biasanya akan banyak review dari para pengguna terdahulu terkait data center yang digunakan. Anda bisa melakukan pencarian review dari media sosial maupun blog.
 
Hal ini juga menjadi poin yang sangat penting, mengingat sudah marak sekali ada beberapa oknum yang menyalahgunakan data-data rahasia. Misal, data nasabah yang diperjualbelikan ke perusahaan lain. Tentu anda tidak ingin merusak reputasi perusahaan anda sendiri kan?
 
Selain tempat penyimpanan, anda juga dapat mengatasi permasalahan jaringan. Karena penggunaan data center ini dapat membantu masalah konektivitas perusahaan anda. Anda juga perlu memastikan di mana data yang tersimpan, apakah benar-benar berada di tempat yang aman. Maka dari itu, carilah penyedia fasilitas penyimpanan ini yang jujur dan transparan kepada setiap pelanggannya.
 
Terlebih lagi ketika perusahaan anda memiliki trouble terkait penyimpanan data dan konektivitas, anda bisa langsung berkonsultasi dengan para pakar dari penyedia fasilitas tersebut. Kemudian akan diarahkan kepada solusi yang efisien dan benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan anda saat itu. 
 
Dengan memperhatikan poin-poin penting tersebut, maka anda bisa menciptakan reputasi yang bagus di masyarakat. Tentunya dengan memberikan pelayanan terbaik, salah satu caranya adalah melakukan pengamanan terhadap data-data para pelanggan. Sehingga mereka bisa menaruh kepercayaan terhadap perusahaan anda.
 
Jika anda ingin membuka perusahaan besar dan tertarik untuk menggunakan fasilitas penyimpanan yang aman, jujur, koneksi internet tidak bermasalah, dan adanya transparansi, mungkin NEX Data Center adalah solusinya. Anda juga dapat melakukan konsultasi online selama kurun waktu 24 jam karena para petugas akan siap membantu anda dalam memberikan solusi yang bermanfaat. Jadi, anda tidak perlu khawatir akan masalah konektivitas dan fasilitas penyimpanan, cukup fokus pada pengembangan sayap perusahaan.

(wd)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com