Minggu , 7 Juni 2020

PMI Pekalongan Gelar Donor Darah di Non Fisik TMMD Reguler Pekalongan

20 Maret 2020 01:27 WIB


Donor darah.


PEKALONGAN, solotrust.com – Puluhan orang di wilayah Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, melaksanakan kegiatan sosial donor darah di Pendopo Kecamatan Kesesi, Rabu (18/3/2019).



Dibenarkan Ari Wibowo (31), petugas dari PMI Kabupaten Pekalongan, dalam kegiatan kemanusiaan ini pihaknya menyiapkan 100 kantong darah dari Puskesmas Kesesi. Jika berhasil semuanya berarti terselamatkan 300 nyawa. Pasalnya, 1 kantong darah dapat menyelamatkan 3 nyawa, dengan catatan bahwa 1 kantong darah dapat dipecah menjadi tiga komponen yaitu sel darah merah, plasma dan trombosit.

“Akan banyak sekali nyawa yang tertolong dan keluarganya pun dapat tersenyum kembali dari kesedihan,” ucapnya.

Dijelaskannya lanjut, kegiatan tersebut merupakan rutinitas 3 bulan sekali. Untuk kali ini sasarannya adalah masyarakat Desa Pantirejo, namun berhubung masyarakat banyak yang bekerja di TMMD Reguler, kita alihkan ke Pendopo Kecamatan Kesesi,” ungkapnya.

Dijelaskannya juga, walaupun dilaksanakan di kantor kecamatan, namun kegiatan tersebut disinkronisasikan dalam non fisik TMMD Reguler 107 Kodim 0710 Pekalongan, dalam aspek bakti sosial bersama TNI.

“Kita gandeng seluruh komponen masyarakat di wilayah Kecamatan Kesesi untuk menyumbangkan darahnya untuk membantu sesama,” imbuhnya.

Darah yang terkumpul selanjutnya akan disimpan di gudang PMI sebagai stok darah untuk nantinya disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

“Dari sekitar 100 orang peserta yang mencalonkan diri menjadi pendonor, berhasil dikumpulkan 56 kantong darah atau 56 orang berhasil. Untuk yang gagal, dikarenakan tidak memenuhi syarat kualifikasi yang telah ditentukan pihak kami (PMI),” tutupnya.

Tampak Serka Jumaedi, anggota Koramil 05 Kesesi, sedang melakukan pengukuran tekanan darah sebelum melakukan donor. Sebagai salah satu pendonor rutin, ia menyambut baik kegiatan yang mengedepankan rasa sosial.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com