Serba serbi

Mau Liburan Eh Muncul Jerawat di Wajah, Gunakan Cara Alami Ini

Olahraga

21 Desember 2017 13:49 WIB

(Ilustrasi)

SOLO, solotrust.com - Biasanya wajah berjerawat memang sangat sering menggangu penampilan kita, apalagi menjelang liburan yang tentu banyak agenda untuk jalan-jalan, dan berfoto ria. Salah satu penyakit wajah terbesar yang dialami pria dan wanita ini bahkan disebut monster jerawat. Karena gara-gara jerawat, kita sering mengalami rasa kepercayaan diri yang menurun di saat melakukan aktivitas yang melibatkan bertemu dengan orang lain.

Namun jangan kawatir, Inilah cara menghilangkan jerawat secara alami dan meminimalisir bekasnya.



Menggunakan Es Batu

Es batu berperan untuk meningkatkan sirkulasi darah pada area sekitar jerawat sekaligus membantu mengecilkan pori-pori pada kulit, membunuh bakteri penyebab jerawat, menghilangkan kotoran pada kulit, dan menghilangkan minyak berlebih yang menumpuh pada kulit. Caranya adalah dengan menyiapkan es batu secukupnya, bungkus pecahan es batu tersebut dengan kain yang bersih lalu tempelkan pada area wajah yang berjerawat secara merata. Ulangi terus sekitar 10-15 kali, dan lakukan dengan rutin sampai jerawat benar-benar pergi dari wajah Anda.

Menggunakan Buah Lemon

Salah satu buah yang mengandung Vitamin C yang sangat tinggi ialah lemon. Dan lemon sangat baik jika digunakan untuk mengobati jerawat, lemon dapat mengecilkan jerawat dengan cepat. Namun untuk Anda yang mempunyai kulit sensitif, jangan terlalu banyak kadarnya. Caranya adalah dengan 1-2 buah lemon segar diperas dan taruh perasannya dalam wadah, kemudian usapkan pada wajah yang berjerawat secara rutin tiap malam menjelang tidur.

Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ternyata mempunyai kandungan yang berkhasiat untuk berbagai keluhan, di dalamnya terkandung antijamur, antiseptik, antioksidan, dan antivirus yang sangat bermanfaat sekali untuk wajah berjerawat. Bawang putih juga mengandung sulfur yang dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat. Caranya sangat mudah, potong satu bawang putih menjadi dua bagian, dan bagian dalam potongan tersebut digosokan pada kulit yang berjerawat sekitar 5-10 menit, lalu cuci dengan air bersih, lakukan secara rutin dan lihatlah hasilnya.

Menggunakan Madu

Madu memang memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh yang tak bisa diragukan lagi. Madu juga mengandung antibiotik yang sangat tinggi. Madu dapat mencegah infeksi menyebar yang berakibat meradangnya jerawat. Caranya yaitu dengan menyiapkan madu yang benar-benar alami bukan pabrikan, kemudian oleskan pada jerawat dan diamkan sekitar 30 menit, setelah itu bersihkan dengan air bersih, dan lakukan ini secara rutin.

Menggunakan Buah Tomat

Tomat merupakan buah yang juga kaya dengan kandungan Vitamin A, dan Vitamin C. Kandungan vitamin yang tinggi tersebut membuat buah tomat sangat baik untuk dijadikan obat alami untuk menghilangkan jerawat. Caranya yaitu siapkan satu buah tomat yang sudah matang, potong menjadi ukuran yang tipis-tipis, lalu tempelkan pada area yang berjerawat dan diamkan sekitar 15 menit. Lakukan secara rutin hingga wajah Anda terbebas dari jerawat.

Beberapa cara d iatas mungkin dapat membantu Anda untuk menghilangkan jerawat pada wajah dengan efektif dan cepat. (dhk)

(way)