Minggu , 31 Mei 2020

PSC Bagikan Sembako dan Masker di Kampung Lansia

20 April 2020 12:53 WIB


Penterahan bantuan.


KARANGANYAR, solotrust.com- Wajah Sumringah mbah panem tak dapat disembunyikan, saat melihat rombongan tim PSC, Yukata Peduli dan karang taruna Dusun Wates, mendatangi rumah bambu yang ia tempati. Raut muka haru tak dapat ia tahan, ketika rombongan ini menyerahkan bantuan paket sembako, lengkap dengan masker dan sabun cuci tangan.



Suasana haru juga terasa, saat tim mendatangi Mbah Diro, warga Dusun Konang, Desa Sedayu, Jumantono. Bagi Mbah Diro bantuan ini sangat berarti, terlebih dalam kondisi ekonomi saat ini ditambah sang isteri yang menjadi tumpuan ekonomi keluarganya meninggal. Mbah Diro tidak tinggal sendiri, namun bersama dua anaknya yang menderita sakit (difable).

“Kampung lansia ini memang menjadi prioritas kami, mengingat jumlah lansia yang cukup tinggi dan setengahnya masih dalam hidup kekurangan,” jelas Koordinator baksos PSC, Marfuah Dwi Nuryanti.

Dalam kegiatan baksos Anniversary PSC, diserakan seratus lebih bantuan paket sembako, masker dan sabun cuci tangan. Bantuan tersebut diprioritaskan Kampung Lansia, desa binaan program Gerakan Pemuda Peduli Lansia PSC.

Di tengah virus corona yang sedang mewabah, proses pembagian dilakukan dengan sistem door to door, yakni dengan mendatangi langsung lansia ke rumahnya. Sebelum dilakukan pembagian, semua personil yang terlibat harus melewati pemeriksaan suhu badan.

“Sebelum dilakukan pembagian, semua personil yang terlibat kami lakukan pemeriksaan suhu tubuh, jika ternyata lebih dari 37,5 kami persilakan untuk istirahat,” ucapnya.

Sementara itu, Kades Sunarso selaku Kades Sedayu mengapresiasi Kampung Lansia yang digagas oleh PSC. Program Gerakan Pemuda Peduli Lansia ini akan menjadi agenda rutin Desa Sedayu, namun tentu saja menyesuaikan anggaran yang ada.

“Menyejahterakan lansia itu cita-cita mulia, namun tentu saja untuk mewujudkan Kampung Ramah Lansia ini tidak mudah, baik dari sisi anggaran maupun fasilitas penunjang, untuk itu kami berharap dukungan keterlibatan semua pihak mulai dari komunitas dan pemerintah mulai dari pemkab, propinsi dan pemerintah pusat,”ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota DPRD Jateng Sumanto berharap agenda seperti ini terus dilanjutkan. Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, sehingga semua pihak termasuk komunitas harus terlibat untuk bersama sama membantu lansia.” Ucapnya.

“Aksi seperti ini sudah rutin kami lakukan, dan kami berharap akan di ikuti oleh siapapun untuk mari bersama sama peduli dengan sesame,”pintanya. (nas)

()

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com