Selasa , 14 Juli 2020

Polres Temanggung Bentuk Tim Penanganan Jenazah Covid-19

20 April 2020 15:09 WIB


Simulasi mengenakan APD sesuai protap.

TEMANGGUNG, solotrust.com- Jajaran Polres Temanggung menyiapkan sebuah tim untuk menangani jenazah yang terpapar covid-19. Selain di tingkat Polres, tim tersebut juga dibentuk di 14 Polsek yang ada di Kabupaten Temanggung.

Untuk lebih memantapkan tim dalam bertugas, dengan dipandu oleh petugas dari Dinas Kesehatan dan RSUD Temanggung, dilakukan latihan pemulasaran dan penguburan jenazah. Kegiatan dimulai  dari tata cara pemakaian APD yang benar, kemudian dilanjutkan dengan pengananan atau pemulasaran jenasah terpapar covid-19.    



Pemulasaran dimulai dari cara memandikan, cara mengafani hingga memasukan jenazah ke dalam peti yang disesuaikan dengan protap penanganan jenazah covid-19. Tidak hanya itu, tim dari Polres Temanggung juga dilatih menguburkan jenazah ke liang lahat.  

Kasat Sabhara Polres Temanggung AKP Suwondo mengatakan, pelatihan ini dimaksudkan agar personil Polri bisa memahami dan mempraktikkan cara-cara pemulsaran dan pemakaman jenazah terpapar covid-19.   

“Polres temanggung akan membentuk tim dari tingkat Polres hingga Polsek  yang nantinya bisa membantu tugas dari petugas rumah sakit di lapangan dalam melakukan pemulasaran dan pemakaman jenasah sesuai protokol kesehatan.” jelasnya

 Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat Dinas Kesehatan Temaanggung, Taryumi mengatakan, dengan pembentukan tim seperti ini akan sangat membantu tenaga medis, pasalnya tim pemulasaran dan pemakaman jumlahnya sangat terbatas.  

“Jika dilakukan dengan protap yang  benar maka masyarakat tidak perlu kuatir dan tidak perlu menolak jenazah terpapar covid-19 karena sangat aman dan tidak menularkan penyakit corona.” Jelasnya.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com