Rabu , 5 Agustus 2020

MotoGP Tambahkan Sirkuit Portugal di Kalender 2020

1 Agustus 2020 20:33 WIB


Balap motor (Foto: Motorsport.com)

Solotrust.com - MotoGP telah membatalkan seri balapan di Argentina, Thailand, dan Malaysia untuk musim 2020, namun akan manambahkan sirkuit Portugal ke dalam kalender sebagai balapan ke-14.

Semula, musim 2020 ditetapkan sebagai rangkaian balap terpanjang dalam sejarah MotoGP, yakni dengan 20 putaran, dimulai di Qatar dan berakhir di Valencia. Namun, pandemi virus corona (Covid-19) memaksa putaran pembukaan di Qatar dibatalkan untuk kelas utama, sementara kelas Moto2 dan Moto3 tetap berjalan, mengingat semua tim sudah di Doha ketika pembatasan perjalanan dimulai.



Kampanye sementara 13 putaran diumumkan pada Juni, dimulai pada Juli dengan dua putaran di Jerez dan berakhir pada November dengan dua seri balapan beruntun di Valencia. Promotor MotoGP Dorna Sports mengkonfirmasi GP Malaysia, Thailand, dan Argentina tidak akan menjadi balapan tambahan pada musim 2020, namun Thailand telah diberikan perpanjangan kontrak hingga 2026.

"Dengan sangat menyesal, kami mengumumkan pembatalan Grand Prix Argentina, Thailand, dan Malaysia musim ini, dan mereka akan sangat dirindukan pada kalender 2020," kata CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, dilansir dari Motorsport.com, Sabtu (01/08/2020).

"Semangat para penggemar yang sering bepergian melintasi benua untuk menikmati MotoGP bersama kami di Termas de Rio Hondo, Buriram, dan Sepang sungguh luar biasa, terwujud karena mereka melakukan suasana yang luar biasa dan menyambut olahraga."

"Namun, kami senang menambahkan Grand Prix lain di Eropa ke kalender 2020, dan mengungkapkan kontrak baru kami yang akan melihat balap MotoGP di Thailand dan Buriram hingga setidaknya 2026."

"Kami sangat menantikan untuk kembali ke Thailand, Argentina, dan Malaysia tahun depan dan seperti biasa, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para penggemar atas kesabaran dan pengertian mereka."

Seri balap tambahan akan diumumkan Dorna pada 10 Agustus yang diketahui sebagai kembalinya GP Portugal di sirkuit Algarve sebagai musim terakhir. Sirkuit Algarve di Portimao adalah sirkuit cadangan resmi MotoGP. Diperkirakan akan ditampilkan di kalender mendatang, berpotensi menggantikan Valencia untuk menutup musim.

Pekan lalu, Formula 1 mengumumkan akan mengunjungi venue Portugal akhir musim ini. Acara MotoGP akan menandai yang pertama di negara itu sejak 2012, ketika GP Portugal diadakan di Estoril.

Ini akan menjadi musim pertama sejak 1986 yang tidak akan ada balapan di luar Eropa. Balapan lain yang dibatalkan tahun ini adalah Australia, Jepang, Inggris, Jerman, Belanda, Finlandia, dan Italia.

Balapan yang sempat tertunda, akhirnya dimulai pada 19 Juli dengan GP Spanyol di Jerez dan GP Andalusia di tempat sama pekan berikutnya. Pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo memenangi kedua balapan.

Quartararo unggul sepuluh poin dari rekan tim pabrikan Yamaha dan rekan setimnya di musim depan, Maverick Vinales. Musim 2020 secara resmi menjadi 14 putaran, menyisakan 12 balapan, dimulai dengan GP Ceko di Brno pekan depan, diikuti dua seri balap beruntun di Austria.

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com