Senin , 26 Oktober 2020

UBSI Kampus Surakarta Berikan Sosialisasi Sistem Praktik Kerja Terpadu (SIPADU)

15 Agustus 2020 16:40 WIB


UBSI Kampus Surakarta Berikan Sosialisasi Sistem Praktik Kerja Terpadu (SIPADU).

 

SOLO, solotrust.com- Fakultas Teknik & Informatika Universitas Bina Sarana Informatika kampus Kota Surakarta memberikan sosialisasi pelaksanaan Sistem Praktik Kerja Terpadu (SIPADU) pada mahasiswa program studi Sistem Informasi pada Kamis (13/8/2020) pukul 15.00-16.30 WIB. Dikarenakan masih pandemi, pemberian sosialisasi dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh mahasiswa semester IV.



Sosialisasi ini dilakukan terkait dengan pelaksanaan PKL atau Praktik Kerja Lapangan yang akan dijalani oleh mahasiswa di Semester V. Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu kegiatan akademik yang harus diikuti oleh mahasiswaguna memberikan pengalaman sebagai usaha dalam menerapkan teori dan pengetahuan yang diterima di kelas. Selain itu, PKL bertujuan untuk memperluas wawasan pada kegiatan nyata di program studi masing-masing. Kegiatan PKL tentu akan memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang situasi dalam dunia kerja.

Narasumber pada sosialisasi ini adalah Kaprodi Sistem Informasi UBSI, Sriyadi  dan Dosen UBSI, Hilda Amalia. Acara dipandu oleh seorang moderator yaitu Eni Irfiani. Hilda Amalia menyampaikan terkait dengan prosedur pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan yang harus diikuti oleh semua mahasiswa. PKL dibagi dalam tiga skema, yaitu magang, riset lapangan, dan riset dalam jaringan (daring). “Setiap mahasiswa diharuskan melaksanakan PKL dalam kurun waktu 3-6 bulan. Mahasiswa dapat menentukan sendiri skema yang akan digunakan dalam PKL.” Katanya.

Sementara Kaprodi Sistem Informasi UBSI, Sriyadi mengatakan,  Sistem perkuliahan di semester V sudah diterapkan dengan sistem e-learning, karena mahasiswa diharapkan dapat mendapatkan pengalaman lebih di dunia kerja

“Sistem perkuliahan di semester V memang sudah diterapkan dengan sistem e-learning karena mahasiswa diharapkan dapat mendapatkan pengalaman lebih di dunia kerja. Sistem e-learning pun sudah diterapkan sejak sebelum ada pandemic.” Ucapnya.  

Diharapkan dengan sistem perkuliahan yang ada, mahasiswa dapat membagi waktu lebih mudah antara PKL dan belajar.

PKL menjadi salah satu program untuk mempersiapkan mahasiswa untuk dapat mengenal dunia kerja. UBSI mendukung secara penuh terhadap mahasiswanya agar memiliki kemampuan dibidangnya yang dapat diimplementasikan dalam dunia kerja. Diharapkan dengan pengalaman yang dimiliki, mahasiswa dapat memiliki karir yang gemilang.



(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com