Selasa , 13 April 2021

Keraton Kasunanan Surakarta Adakan Acara Tutup Suran

18 September 2020 09:58 WIB


( Dok. Instagram @kraton_solo)

Solotrust.com- Bagi kalangan masyarakat Jawa, bulan Suro merupakan salah satu bulan yang istimewa sebab di bulan ini banyak orang Jawa melakukan tirakat berdoa kepada Sang Empunya hidup supaya diberikan keselamatan dan kelancaran dalam menjalani hidup. Suro sering juga dimaknai sebagai bulan yang pas untuk melakukan olah batin serta melihat kembali diri sendiri.

Keraton Kasunanan Surakarta sebagai penerus kerajaan Mataram Islam menutup rangkaian bulan Sura pada tahun ini dengan mengadakan Wilujengan Tutup Suran pada Kamis (17/9/2020) malam



"Untuk menutup rangkaian acara bulan Sura Jimakir 1954, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat melaksanakan Wilujengan Tutup Suran pada Kamis malam Jumat 17 September 2020." tulis caption unggahan foto instagram @kraton_solo pada Jumat (17/9).

Wilujengan Tutup Suran tersebut dilaksanakan di Kagungan Dalem Bangsal Smarakarta dan dipimpin oleh KGPH Adipati Dipokusumo, yang hanya dihadiri oleh para Sentana Dalem serta para Abdi Dalem.

Perayaan Tutup Suran kali ini dilakukan secara berbeda dibanding tahun lalu. Biasannya acara Tutup Suran dilakukan dengan mengadakan pergelaran wayang kulit semalam suntuk, namun berhubung kali ini situasi sedang pandemi maka dilakukan secara berbeda. (dd)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com