Minggu , 17 Januari 2021

TNI Wajib Jalankan Tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP)

5 Oktober 2020 15:37 WIB


Upacara HUT ke 75 TNI yang digelar secara virtual di Korem 074/ Wrt.

SOLO, solotrust.com- Presiden RI Joko Widodo menegaskan dua tugas wajib TNI yaitu Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Hal itu diarahkannya tepat di HUT TNI yang ke 75, Senin (5/10/2020).

Melalui upacara HUT TNI ke 75 yang digelar secara virtual, Danrem 074/ Warastratama, Kolonel Inf Rano Tilaar menegaskan saat ini jajarannya dan prajurit TNI tengah melaksanakan OMSP.



"Perbedaan antara OMP dan OMSP, bahwa OMP dilaksanakan TNI saat perang menjaga kedaulatan negara. Sedangkan untuk OMSP ini seperti dilakukan tugas perbantuan kepada pemerintah daerah atau tugas dari Kepolisian," paparnya.

OMSP kali ini diaplikasikan terhadap kondisi bangsa Indonesia saat ini yang tengah berada di suasana pandemi Corona. Untuk itu, peran serta TNI perlu melakukan OMSP sangat dibutuhkan.

"Seperti yang sudah dilakukan selama ini, yakni membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan penertiban penggunaan masker, memback-up tugas Polresta Solo dan lain sebagainya. Kami melaksanakan tugas perbantuan ditengah kondisi KLB, karena leading sektornya ada pada Satgas," imbuh Danrem.

Lebih lanjut, Danrem mengungkapkan, harapannya ke depan prajurit TNI tetap menjunjung tinggi profesionalitasnya termasuk membela kedaulatang Bangsa dan Negara Indonesia. 

"Disisi lain, kami lahir dan besar dari masyarakat. Maka dari itu, apa yg kami lakukan selama ini juga untuk masyarakat," tukasnya.

Sementara itu, Upacara virtual HUT TNI ke 75 sendiri dihadiri sejumlah tamu undangan mulai dari Danrem 074/ Warastratama, Kolonel Inf Rano Tilaar, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Dandim 0735/ Surakarta, Letkol Inf Wiyata S Aji, Danlanud Adi Soemarmo, Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana dan masih banyak yang lain. (awa)

()

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com