Kamis , 22 Oktober 2020

Kompetisi IBL Dibatalkan, Menpora Dukung Perbasi Siapkan Timnas FIBA World Cup 2023

08 Oktober 2020 16:31 WIB


Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali saat konferensi pers di Kemenpora Jakarta, Rabu (07/10/2020). (Foto: kemenpora.go.id)

JAKARTA, solotrust.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto dan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Chandra Bhakti menerima Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih, Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, dan Sekjen Perbasi Nirmala Dewi di Lantai 10, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Jakarta, Rabu (07/10/2020).

Pada pertemuan itu, Perbasi melaporkan mengenai dua hal, yakni persiapan Indonesia menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 dan pembatalan Indonesia Basket League (IBL) 2020. Pada konferensi pers, Menpora RI mengatakan Perbasi saat ini terus melakukan persiapan untuk timnas basket Indonesia menghadapi Kejuaraan Basket Asia 2021 dan FIBA World Cup 2023.



“Ketua Umum Perbasi melaporkan kepada saya terkait persiapan kejuaraan basket Asia 2021. Kejuaraan ini sebagai rangkaian untuk persiapan kita menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023," katanya.

“Tentunya, kita apresiasi apa yang dilakukan Perbasi untuk menyiapkan tim jelang kejuaraan dunia. Pada kejuaraan FIBA 2023 nanti, kita ingin Timnas Basket Indonesia bisa memberikan hasil yang terbaik, tidak di tahapan penyisihan, tapi kita ingin sampai tahapan-tahapan selanjutnya,” tambah Menpora, dilansir dari laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, kemenpora.go.id.

Terkait Pembatan IBL 2020, pada prinsipnya Menpora menyerahkan sepenuhnya kepada Federasi dalam hal ini Perbasi dan IBL selaku operator.

"Kami menghormati keputusan direktur IBL yang membatalkan IBL 2020 karena situasi pandemi Covid-19 karena itu memang kewenangan federasi. Pemerintah tidak bisa campur tangan dan hanya memfasilitasi sesuai permintaan federasi," kata Zainudin Amali. 

Ketum Perbasi, Danny Kosasih mengucapkan terima kasih atas dukungan Kemenpora terhadap naturalisasi tiga pemain basket, yakni Kimberliy Pierre Louis, Lester Prosper, dan Brandon Van Dorn Jawato yang diharapkan mampu memberikan prestasi bagi tim merah putih.

“Perbasi menyampaikan terima kasih tentang proses pebasket naturalisasi. Diharapkan ini menjadi tulang punggung tim nasional,” ucapnya.

“Timnas saat ini sedang melakukan TC di Bandung, seperti yang disampaikan Pak Menpora kita mempersiapkan tim dengan semaksimal mungkin agar bisa memperoleh hasil yang terbaik,” pungkas Danny Kosasih.

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com