Selasa , 13 April 2021

Ditanya Tentang Menulis Buku, Ini Jawaban RM BTS

17 November 2020 04:00 WIB


RM BTS (Dok. Big Hit Entertainment)

Solotrust.com - RM dikenal gemar membaca. Pemilik nama lahir Kim Namjoon itu tidak hanya membaca satu jenis bacaan, namun mencakup banyak jenis bacaan dari mulai fiksi, non-fiksi, essai hingga kumpulan puisi.

Dalam sebuah wawancara, yang dikabarkan Koreaboo dari BookDV, RM pernah memperkenalkan buku berjudul "11PM" dari Hwang Kyung Shin. Ia mengatakan terkejut membaca pemikiran penulis itu karena begitu akurat dalam mengekspresikan sesuatu dengan kata-kata.



Baru-baru ini, salah satu ARMY (klub penggemar resmi BTS) yang bekerja di salah satu perpustakaan nasional Korea membagikan foto delapan buku yang dihadiahkan RM ke perpustakaan itu dengan surat berisi tulisan tangan.

"Sungguh, menurut saya tidak ada cara yang lebih mudah atau lebih dalam daripada buku untuk mempelajari sesuatu. Saya juga masih belajar dan berbicara dengan banyak seniman melalui buku. Dan terkadang, bahkan terasa seperti mereka hidup dan tepat di sebelah saya. Saya harap Anda menikmati buku-bukunya dan menerima banyak kenyamanan dan inspirasi seperti yang saya lakukan. Seni rupa tidaklah sulit, dan mereka sangat dekat dengan kita," demikian bunyi surat dari RM.

Ada puluhan buku yang pernah dibaca RM, misalnya "The Stranger" dari Albert Camus, "Demian" dari Hermann Hesse, "The Metamorphosis" dari Franz Kafka, "1984" dari George Orwell, "1Q84" dari Haruki Murakami, "I Want to Die But I Want to Eat Tteokpokki" dari Baek Se Hee, "Justice: What’s the Right Thing to Do?" dari Michael J. Sandel, dan "The Art of Loving" dari Erich Fromm. 

Saat melakukan wawancara dengan The Rolling Stone baru-baru ini, RM pun ditanya apakah dia mempertimbangkan untuk menulis sebuah buku, karena tau RM gemar membaca.

RM menjawabnya dengan berkata, "Ketika saya membaca, saya menyadari bahwa setiap orang memiliki bidang keahliannya masing-masing. Apakah saya akan menulis buku? Saya tidak yakin, tetapi sepertinya bukan ide yang mustahil suatu hari nanti setelah saya memperoleh lebih banyak pengetahuan dan pengalaman." (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com