Selasa , 13 April 2021

Mengenal Arti Reboot dan Manfaatnya

30 November 2020 10:55 WIB


Solotrust.com - Apakah Anda pernah mengalami atau mendengar istilah reboot pada perangkat Android atau komputer Anda? Biasanya reboot ini mulai digunakan dan beroperasi saat kondisi smartphone sedang berhenti beroperasi secara mendadak atau tiba-tiba nge hang.
 
Kebanyakan orang akan melakukan reboot pada perangkatnya, jika ada sesuatu yang terjadi seperti penjelasan di atas pada smartphone atau komputernya.
 
Namun, meski sudah sering mendengar kata itu, masih banyak orang yang belum mengetahui arti sebenarnya reboot dan juga fungsi reboot dan berikut informasinya seperti dikutip dari gudang info di Tedas.
 
Apa Itu Reboot?
 
Perlu kita tahu, bahwa android memiliki fungsi sama dengan dekstop komputer yang memiliki prosesor, RAM, OS, dan berbagai perangkat lainnya. Satu hal yang membedakan adalah dari ukuran komputer yang lebih besar dan android adalah versi kecilnya. 
 
Maka dari itu, fungsi dari sistem android lebih identik dengan fungsi yang ada pada komputer. Itu artinya fungsi reboot pada android memiliki fungsi yang serupa dengan restart pada komputer.
 
Dengan keterangan di atas,reboot bisa dilakukan saat Android Anda tidak merespon  perintah atau berhenti beroperasi dengan mendadak, dengan melakukan reboot akan menjadi solusi efektif jika suatu waktu terjadi "Hang" pada perangkat kita.
 
Kenapa harus Reboot? 
 
Dengan melakukan reboot, kita akan bisa kembali mengoperasikan perangkat atau smartphone kita dengan normal. Karena adanya beberapa manfaat dari reboot, diantaranya adalah 
 
Mengatasi masalah error' pada fungsi tertentu. Dengan me reboot, kita bisa menghilangkan error' tersebut. Misalkan ketika handphone kita tiba-tiba tidak menyala, kita bisa atasai dengan me rebootnya.
Sistem bisa kembali di optimalkan
Saat handphone Anda lemot, biasanya kita bisa kembali melancarkan ya dengan reboot, karena semua resource akan kembali lega setelah kita mengulang sistemnya.
Bisa sebagai pembersih memori
Salah satu resource yang bersih adalah memori atau RAM, saat kita melakukan reboot memori yang tadinya penuh akan kembali kosong sekitar 70-80%
Mengatasi aplikasi error'
Jika kalian pernah mengalami aplikasi tidak bisa berjalan setelah menginstalnya, Anda perlu melakukan reboot pada perangkat atau handphone anda. Karena biasanya, aplikasi akan mulai bisa berjalan setelah kita melakukan reboot ulang.
 
Berbeda dengan Restart, reboot sendiri berarti memulai ulang sistem. Sedangkan restart adalah mengembalikan pengaturan sistem ke setelan pabrik, restart ini hanya memulai kembali aplikasi yang sudah dihentikan, sedangkan restart  ini adalah menghapus dan mengembalikan keseluruhannya pada setelan awal atau setelan pabrik. Jadi, saat kita melakukan reboot, aplikasi yang terinstal di handphone tidak akan hilang. Berbeda dengan saat kita me restart ke setelan pabrik yang akan menghapus semua aplikasi yg sejak awal tidak ada pada setelan pabrik tadi.
 
Perbedaan antara Reboot dan Reset
 
Oya, ada lagi selain restart yang juga membuat banyak orang kebingungan. Padahal yang terjadi adalah, reboot dan reset itu adalah jelas sekali berbeda.
 
Reboot Reset Merupakan tindakan Memulai ulang sistem dan Mengembalikan sistem ke pengaturan pabrik. Reboot berfungsi hanya untuk memulai ulang sistem. Sedangkan reset ini untuk menghapus, kemudian mengatur seluruh sistem ke Setelan Pabrik.
 
Reboot pun tidak akan menghapus data-data yang ada pada HP. Semua data masih tetap akan ada, asalkan sebelumnya Anda memang sudah menyimpannya. 
 
Cara Melakukan Reboot Pada HandPhone Android
 
Ketika Anda mengalami suatu masalah pada perangkat android, atau jika Perangkat anda tiba-tiba mengalami kemacetan dan proses berhenti mendadak, mungkin reboot ini akan menjadi salah satu yang akan memecahkan masalah Anda. Dengan Reboot Anda akan menyelesaikan masalah pada perangkat anda dengan sangat mudah.
 
Cara untuk me reboot pada perangkat android Anda saat kondisinya benar - benar berhenti dan membeku sangatlah mudah, silahkan simak beberapa langkah berikut ini :
Silahkan pencet tombol power dan tombol volume sampai layar menjadi gelap (mati)
Tunggu sampai layar menyala dan biasanya akan ada pilihan Reboot Now
Arahkan dengan menggunakan tombol volume up dan down dan silahkan klik yang bertuliskan Reboot Now
Jika Anda menggunakan komputer untuk proses Reboot, ikuti langkahnya berikut ini:
Silahkan mendownload terlebih dahulu Android kit dan Extract All Arsip Zip unduhan tersebut pada penyimpanan komputer Anda, Berikan nama pada file untuk memudahkan saat akan dibuka.
Klik kanan pada komputer Anda, silahkan pilih properties lalu klik pilihan Advanced system setting dan pilih variabel lingkungan pada jendela system.
Dalam variable system window, silahkan klik Path dan Edit. Variabel path akan dipilih saat window mengedit system variable terbuka, ketika itu Anda harus menekan End pada keyboard dan silahkan pindahkan kursor ke Akhir sesi.
Silahkan buka file ekstract zip yang tadi disimpan, kemudian pilih ok untuk proses selanjutnya
Pilih CMD pada atas layar komputer Anda kemudian klik icon program pada halaman search dan nanti akan muncul window command prompt
Silahkan kembali menghidupkan perangkat Android Anda dan hubungkan pada pc menggunakan kabel USB. Ketik shell adb dan klik tombol enter. Setelah adb terhubung pada Android, silahkan pilih wipe data dan tekan Enter. 
Selesai, sekarang perangkat anda akan restart pada mode pemulihan dan mengembalikannya pada setelan awal.
 
Demikianlah penjelasan tentang arti reboot, fungsi dan manfaat reboot. Untuk lebih mengetahui tentang perbedaan reboot dan reset yang orang banyak salah kaprah dalam mengartikannya. Tetapi,  keduanya sangat diperlukan guna menjaga kestabilan sistem android Anda.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com