Jumat , 22 Januari 2021

Hadapi Covid-19, Taman Buah Mekarsari Hadirkan Program Wisata Garden Drive Thru

10 Desember 2020 20:31 WIB


Taman Buah Mekarsari menghadirkan program baru, Garden Drive Thru (Foto: Instagram @mekarsari_fruitgarden)

JAKARTA, solotrust.com – Pandemi Covid-19 yang saat ini tengah menjadi permasalahan kesehatan global menimbulkan dampak sangat besar terhadap hampir semua sektor kehidupan manusia. Tak hanya pada sektor kesehatan, pandemi Covid-19 juga menimbulkan kerugian cukup serius, khususnya pada bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Taman Buah Mekarsari yang berlokasi di Cileungsi, Bogor adalah salah satu destinasi wisata terdampak dan mengalami kerugian akibat pandemi Covid-19. Sejak dibuka secara resmi pada 1995, taman buah ini sudah dikenal masyarakat luas sebagai salah satu destinasi wisata favorit keluarga.



Dengan luas tanah mencapai 264 hektare, Mekarsari bahkan diklaim sebagai taman buah tropis terbesar di Indonesia, sekaligus menjadi area paling hijau di sekitar wilayah industri Cileungsi, Bogor.

Setiap harinya Mekarsari selalu ramai didatangi pengunjung, terlebih pada akhir pekan. Namun kini, dikarenakan pandemi Covid-19 dan imbauan pemerintah untuk menghindari ruang publik yang ramai, pengunjung pun berkurang drastis.

Diketahui, bahkan Mekarsari sempat tutup total karena diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan baru dibuka kembali sejak 15 Agustus 2020 lalu. Meskipun demikian, jika ingin berkunjung ke sana, saat ini terdapat perbedaan dalam menikmati atraksi wisata, yakni pengunjung bisa berkeliling taman buah dengan kendaraan pribadi yang disebut Garden Drive Thru.

Pengunjung bisa mengelilingi kebun-kebun yang sangat beragam, mulai dari kebun baobab, lengkeng, belimbing, hingga kebun yang dipenuhi dengan beberapa tanaman langka. Pengunjung nantinya bisa mengikuti papan petunjuk yang sudah disediakan pihak pengelola dan dapat merasakan pengalaman panen buah serta memberi makan hewan ternak dari dalam mobil.

Selain adanya program baru Garden Drive Thru ini, Mekarsari juga menghadirkan Tur Sehat Mekarsari dengan menggunakan sepeda dan program Tiket Hemat Mekarsari, yakni mengelilingi taman buah dengan kereta wisata dan menggunakan satu wahana bermain.

“Untuk Garden Drive Thru bisa dilakukan setiap hari, sedangkan untuk program wisata lainnya dibuka untuk Hari Sabtu sampai Minggu dan hari libur nasional,” ungkap pihak pengelola Taman Buah Mekarsari pada akun Instagram @mekarsari_fruitgarden.

Taman Buah Mekarsari saat ini sudah beroperasi dengan normal, yakni setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 15.45 WIB. Adapun untuk harga tiket masuk per pengunjung bervariasi mulai dari Rp20 ribu hingga Rp85 ribu, bergantung pada jenis program tur yang dipilih. Pihak pengelola menyarankan setiap pengunjung untuk melakukan reservasi terlebih dahulu jika ingin datang.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pengunjung tetap harus menerapkan protokol kesehatan 3M untuk pencegahan penularan Covid-19, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Pastikan juga suhu tubuh tidak di atas 37,3 derajat Celcius. (Grace)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com