Serba serbi

Pre-order Vaksinasi Covid-19 Jalur Mandiri, Begini Penjelasan Bio Farma

Kesehatan

14 Desember 2020 12:31 WIB

Ilustrasi vaksin (Dok. Istimewa)

Solotrust.com – Kedatangan vaksin Covid-19 tahap pertama sejumlah 1.2 juta dosis dari Sinovac pada 6 Desember 2020 lalu telah menarik perhatian masyarakat banyak. Saat ini, selagi proses evaluasi izin penggunaan dari Badan POM berjalan, pemerintah sedang mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. 

Kendati demikian, saat ini mulai beredar iklan atau promo mengenai pre-order vaksinasi Covid-19 jalur mandiri di media sosial dari beberapa fasilitas kesehatan.



Menyikapi hal itu, Juru Bicara Bio Farma, Bambang Heriyanto, memberikan penjelasan saat ini pemerintah masih menyelesaikan skema pelaksanaan vaksinasi Covid-19, baik untuk kebutuhan program bantuan pemerintah maupun kebutuhan mandiri. Bio Farma belum melaksanakan sistem pelayanan pre-order untuk vaksinasi Covid-19 jalur mandiri dalam bentuk apa pun, baik untuk keperluan fasilitas kesehatan maupun perorangan. 

“Saat ini, Bio Farma masih mengembangkan sistem yang akan digunakan untuk pemesanan pre-order vaksinasi Covid-19, khususnya untuk jalur mandiri. Hingga saat ini belum ada ketentuan maupun pengaturan teknis dari pemerintah terkait hal tersebut. Hal yang terpenting adalah, pelaksanaan vaksinasinya sendiri tetap menunggu izin penggunaan dari Badan POM,” ujar Bambang Heriyanto pada siaran pers Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). 

Mengenai penyediaan layanan vaksinasi Covid-19 seperti rumah sakit klinik dan fasilitas kesehatan lainnya, lanjut Bambang Heriyanto, masih dilakukan proses pendaftaran dan verifikasi untuk jalur mandiri melalui asosiasi-asosiasi resmi. 

Selanjutnya, memahami adanya inisiatif dan kebutuhan untuk mempersiapkan dari awal masyarakat yang berminat vaksinasi, Bio Farma mengimbau penyedia layanan kesehatan untuk menunggu pengumuman resmi pemerintah, terkait petunjuk teknis pelaksanaan pemesanan pre-order vaksinasi Covid-19 jalur mandiri.

Adapun untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi email resmi Bio Farma, mail@biofarma.co.id. (elv)

(redaksi)