Selasa , 11 Mei 2021

Wow! Ada Triceratops di Mojosemi Forest Park

15 Desember 2020 12:31 WIB


Tangkapan layar video viral Triceratops di Mojosemi Forest Park Magetan (Dok. Istimewa)

Solotrust.com – Baru-baru ini di berbagai platform media sosial tengah viral video seekor Triceratops, salah satu jenis dinosaurus yang tentunya telah punah, turun dari truk dan dikendalikan beberapa pawang. Video yang diunggah beberapa akun, salah satunya akun Twitter All About Magetan, sejak Senin (14/12/2020) mengundang banyak perhatian warganet dengan mendapat 2,3 ribu like dan 1,1 ribu retweet.

Triceratops viral itu rupanya milik Mojosemi Forest Park Magetan. Video berlokasi di Mojosemi Forest Park merupakan salah satu upaya promosi pihak pengelola.



“Itu sebagai bagian promo kami. Di dalam itu ada wahana baru,” ungkap pengelola Mojosemi Forest Park Magetan, Nanang Sedayu.

Tak hanya Triceratops, ada beberapa jenis dinosaurus lain yang ada di Mojosemi. Hewan-hewan tersebut merupakan robot hewan yang menyerupai hewan aslinya, didatangkan sebagai wahana baru di Mojosemi Forest Park, yakni Dinosaurus Park. Nantinya akan ada 15 hingga 20 spesies dinosaurus yang dipamerkan kepada pengunjung.

Dilansir dari Wikipedia, Triceratops merupakan bagian dari keluarga dinosaurus marginocephalia yang meliputi Triceratops, Centrosaurus, dan Styracosaurus. Semua spesies itu diketahui adalah herbivora kuadrupedal dari Zaman Kapur Akhir, utamanya dari Barat Amerika Utara (meskipun Sinoceratops diketahui berasal dari Asia).

Panjang dari species ini bisa mecapai 9 meter dengan tinggi sekira 3,8 meter dan berat 6,5 ton. Pernah disebut sebagai dinosaurus ksatria karena bentuk kombinasi kepala dan tanduk membuat dirinya seperti seorang ksatria dengan pedang dan tameng.

Sebutan ini ada benarnya karena kulit yang berada pada posisi 'tameng' amatlah keras. Fosil Triceratops pertama ditemukan adalah dua inti tanduknya pada 1887 di dekat Denver, Colorado.

Mojosemi Forest Park dulunya hanya merupakan tempat perkemahan saja (camping ground). Setelah itu muncul prakarsa untuk menggali keindahan hutan Mojosemi dengan tetap menjaga kelestariannya. Saat ini Mojosemi Forest Park memiliki banyak wahana yang melengkapinya. (dhk)


(redaksi)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com