Selasa , 13 April 2021

Melanie Subono Kritik Pedas Vincent Raditya, Tuding Tak Simpati Sriwijaya Air

11 Januari 2021 16:01 WIB


Melanie Subono (Foto: Instagram @melaniesubono)

SOLO, solotrust.com – Melanie Subono, musisi, seniman sekaligus aktivis sosial terkenal mengkritik Vincent Raditya atas tindakannya membuat konten tentang analisis data dan kondisi pesawat Sriwijaya Air SJ-182 pascakejadian nahas dialami armada tersebut.

Seperti diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak mengalami hilang kontak pada pukul 14.40 WIB dan dikabarkan jatuh di perairan Kepulauan Seribu sekitaran Pulau Laki, Sabtu (09/01/2021).



Pilot sekaligus YouTuber Vincent Raditya membuat analisis data dan melakukan kegiatan penelusuran di sekitaran lokasi kejadian. Kegiatan itu diunggah di akun YouTubenya dan menuai kontroversi lantaran dianggap memanfaatkan keadaan.

Kritikan salah satunya datang dari Melanie Subono. Sejak kejadian nahas itu, salah satu anggota Sahabat Wahana Lingkungan Hidup Indonesia ini aktif mengkritik media-media dan konten penyebar berita kurang mengenakkan. Bahkan secara terang-terangan, Melanie membuat sebuah kiriman di akun Instagramnya tentang konten Vincent.

Dalam kiriman menampilkan tangkapan layar pada konten Vincent, Minggu (10/01/2021), Melanie menuliskan kritik pedasnya terhadap sang YouTuber.

"Karet gelang dikasih nyawa. Bikin konten. Sesama pilot padahal," tulis Melanie Subono di akun Instagramnya @melaniesubono.

Kritik itu pun menuai banyak komentar dari warganet dengan 9.600 lebih likes dan 800 komentar. Ia menilai tindakan Vincent sangatlah tidak etis lantaran kejadian itu belum berlangsung lama, apalagi pihak keluarga korban masih diselimuti rasa duka.

Melanie juga menyinggung perihal pundi-pundi uang didapat Vincent dari konten YouTube. Dirinya menuliskan monetize dari konten ini memang cukup besar lantaran beritanya masih hangat.

“Mbo nunggu seminggu dua minggu dulu gitu bang. Mayan sih duit hasil monetize YouTubenya,” singgung wanita 44 tahun.

Pada beberapa kiriman setelahnya, Rocker wanita terbaik AMI Award 2008 ini menuliskan rasa terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu proses pencarian SJ-182.

“Mentemen, malem ini ngucapin yuk di sini dan di doa kita. Makasih untuk tim yang bekerja untuk kejadian Sriwijaya nonstop dua hari ini. Dari nelayan sampai badan kayak Basarnas, TNI/Polri, KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi). DenJaka, Paskas, dan masyarakat sekitar. Juga petugas di posko, pendataan, yang bawa mobil, antemortem, DVI , yang ini itu semua semua gue pasti banyak skip-nya,” terangnya dalam foto unggahan bertuliskan 'terima kasih'.

Tak hanya memberikan doa dan empati bagi keluarga ditinggalkan, Melanie Subono juga menuliskan dukungan bagi maskapai Sriwijaya Air yang mengalami kejadian ini.

“Untuk keluarga yang ditinggalkan, yang kuat ya. Untuk pihak maskapai dan lain-lain, be patient (bersabar-red). Untuk semua yang ikut menyebar berita baik, media maupun perorangan, terima kasih. Untuk yang sampah, go to hell,” tutupnya dalam kiriman.(dhk)


(redaksi)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com