Rabu , 14 April 2021

BTS Dinobatkan sebagai Artis Terlaris Dunia 2020

5 Maret 2021 20:31 WIB


Salah satu potret BTS saat tampil di MTV Unplugged (Sumber gambar: Instagram MTV)

Solotrust.com - Grup K-Pop BTS dinobatkan sebagai artis terlaris 2020 oleh IFPI, sebuah organisasi yang mewakili industri musik rekaman global. Penghargaan ini menandai tahun luar biasa bagi boyband Korea itu yang merilis dua album pemuncak tangga lagu pada 2020 - Map of the Soul: 7 dan Be.

BTS mengalahkan Taylor Swift, jawara tahun lalu yang melorot ke posisi kedua. Boyband Korea Selatan (Korsel) itu menjadi artis non-Barat pertama yang memenangi perhargaan, di mana lagu-lagunya sebagian besar dinyanyikan bukan dalam bahasa Inggris.



Penghargaan ditetapkan berdasarkan angka penjualan, unduhan, dan streaming artis atau grup di seluruh dunia, mencakup seluruh karya mereka. Drake berada di urutan ketiga, sementara The Weeknd ada di peringkat keempat dan Billie Eilish di nomor lima.

BTS juga dikenal sebagai Bangtan Boys, dibentuk pada 2013, terdiri atas tujuh anggota, yakni Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan Jungkook. Mereka kemudian menjadi kiblat kancah K-Pop, di mana mampu menjual jutaan rekaman dan tiket konser, serta miliaran streaming.

BTS merupakan hasil gagasan penulis dan produser veteran Bang Shi Hyuk, sebelumnya bekerja di raksasa hiburan K-Pop JYP. Ia kemudian membentuk Big Hit Entertainment dan menyatukan BTS. Tahun lalu, dia meluncurkan Big Hit Entertainment di pasar saham Korea dan member BTS kecipratan US$108 juta.

Angka itu dapat menutupi ketidakmampuan mereka untuk menggelar tur di tengah pandemi Covid-19. Masa jeda ini juga memungkinkan BTS merekam album keduanya tahun ini yang mereka sebut sebagai "surat harapan" bagi penggemar.

Album rekaman itu, diantaranya berisi Dynamite, single pertama BTS yang direkam seluruhnya dalam bahasa Inggris. Lagu ini sempat menduduki puncak tangga lagu AS pada Agustus, setelah memecahkan rekor streaming satu hari di negara itu.

Dynamite juga mendapatkan nominasi Grammy BTS dalam kategori Best Pop Duo/Group Performance, bersama para bintang lainnya seperti Lady Gaga dan Taylor Swift.

Kepala Eksekutif IFPI, Frances Moore, mengatakan BTS adalah fenomena global. Mereka mengalami tahun luar biasa dan terus menemukan cara-cara kreatif serta menarik untuk berbagi cerita dengan dunia.

"Mereka benar-benar menunjukkan kekuatan musik yang dimiliki untuk membawa kegembiraan dan kebahagiaan bagi orang-orang di seluruh dunia," ujarnya, dikutip dari BBC, Jumat (05/03/2021).

"Kami ingin mengucapkan selamat kepada RM, Jin, Suga, J-hope, Jimin, V serta Jung Kook, dan kami sangat senang melihat apa yang mereka miliki," pungkas Frances Moore. (and)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com