Hard News

Puluhan Kades di Klaten Ikuti Sosialisasi Pemberdayaan BUMDes

Jateng & DIY

10 Maret 2021 10:39 WIB

Kepala Kanmitvetcad IV-29 Kabupaten Klaten, Mayor Inf Puji Mulyono

KLATEN, solotrust.com - Puluhan kepala desa (Kades) di Kecamatan Kalikotes, Klaten, mengikuti sosialisasi pemberdayaan BUMDes di masa pandemi Covid-19 di aula Desa Kalikotes, Kecamatan Kalikotes. Sosialisasi mengusung tema Usaha Ayam Sehat. 

Pemateri Kepala Kanmitvetcad IV-29 Kabupaten Klaten, Mayor Inf Puji Mulyono mengatakan, bagi warga negara yang peduli dengan budidaya ayam sehat, masa pandemi saat ini tidak boleh berputus àsa. Dengan memelihara ayam sehat, penghasilan akan bertambah. 



"Dengan memelihara ayam sehat, kita akan mendapatkan hasil baik, bahkan daging yang dihasilkan nonkolesterol dan nonantibiotik. Satu lagi yang lebih penting, mengandung omega 369 yang dapat mem-protect bagi yang mengkonsumsi," katanya, saat ditemui solotrust.com, Rabu (10/03/2021).

Sementara cara pemeliharaannya ayam sehat, menurut Mayor Inf Puji Mulyono berbeda dengan ayam konvensional. Kendati ayam sehat makanannya sama, namun pemeliharaan menggunakan enzim nonkimia, yakni dari buah buahan sehingga betul betul tidak menggunakan bahan kimia.

"Ciri ayam sehat ini darahnya tidak berbau anyir, sedangkan dagingnya juga tidak bau amis. Tentunya ada hal penting, masa panen sekira 29 hari sudah siap," ungkapnya. 

Sementara itu, Kades Kalikotes, Ponidi, mengatakan kegiatan sosialisasi pemberdayaan BUMDes di masa pandemi, para kepala desa di Kecamatan Kalikotes mendapat apresiasi dari Mayor Inf Puji Mulyono.

"Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari sosialisasi BUMDes beberapa pekan lalu, bagaimana pemulihan BUMDes di masa pandemi ini," jelasnya. 

Diharapkan, adanya sosialisasi ini dapat menambah wawasan para pengelola BUMDes di Kalikotes. 

"Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, kami berkoordinasi dengan Mayor Inf Puji Mulyono yang mempunyai produk ayam sehat, terkait teknik pemeliharaan ayam tersebut," pungkasnya. (Jaka)

(redaksi)