Hard News

Pendaftaran CPNS 2021 Batal Dibuka Hari Ini, Berikut Penjelasan BKN

Nasional

31 Mei 2021 12:01 WIB

Para pelamar yang mengikuti Tes SKD CPNS Setkab dan Kemensetneg. (Foto: Dokumentasi Humas Setkab/Jay).

JAKARTA, solotrust.com - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) belum dibuka hari ini, Senin (31/05/2021). Sebelumnya beredar kabar pendaftaran CPNS maupun PPPK dibuka pada 31 Mei 2021.

Terkait tidak dibukanya pendaftaran tersebut disampaikan Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun Instagram resminya @bkngoidofficial.



"#SobatBKN, Banyak sekali yang bertanya kepada mimin, apakah pada 31 Mei 2021 akan ada pembukaan rekrutmen #CPNS2021 & #PPPK2021? Mimin tegaskan pada tanggal itu rekrutmen belum dibuka," ungkap BKN dalam postingannya.

Institusi ini pun baru sebatas mengkonfirmasi tidak ada pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK akhir bulan ini. BKN tidak menyebut kapan pastinya pendaftaran resmi dibuka. Mereka hanya mengatakan akan ada pemberitahuan lebih lanjut.

"Akan tiba waktunya mimin bakal buka-bukaan tentang itu. Pantau terus kanal ini dan manfaatkan waktu yang ada untuk belajar sebaik-baiknya," tulis admin akun Instagram @bkngoidofficial.

Ada beberapa alasan menjadi dasar mengapa proses rekrutmen CPNS dan PPPK 2021 belum dibuka hari ini. Lewat surat bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021, Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana, menyatakan beberapa alasan belum dibukanya pendaftaran, di antaranya karena masih terdapat beberapa aturan yang belum ditetapkan pemerintah. Selain itu juga masih adanya usulan revisi penetapan kebutuhan formasi oleh beberapa instansi.

"Mengingat masih terdapat beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK Nonguru, dan PPPK Guru Tahun 2021 yang belum ditetapkan oleh pemerintah serta masih adanya usulan revisi penetapan kebutuhan formasi oleh beberapa instansi, maka jadwal pelaksanaan seleksi akan diinformasikan lebih lanjut," papar Bima Haria Wibisana dalam Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 yang juga diunggah di laman Instagram. (and)


(and_)