Entertainment

Wattpad dan Webtoon Bergabung Menjadi Wattpad Webtoon Studios

Musik & Film

27 Juni 2021 14:06 WIB

Wattpad dan Webtoon bergabung menjadi Wattpad Webtoon Studios (Sumber gambar: Yonhap)

Solotrust.com - Wattpad dan Webtoon, dua platform storytelling asal Naver Corp akan bergabung menjadi Wattpad Webtoon Studios. Hal ini diumumkan Naver Corp pada hari Kamis (24/6/2021), sebagaimana dikabarkan Yonhap.

Penggabungan ini dilakukan untuk memperkuat daya saing global mereka dalam konten digital. Naver mengatakan akan menginvestasikan US$100 juta ke Wattpad Webtoon Studios untuk pembiayaan pengembangan dan produksi.



Pejabat Naver mengatakan bahwa berdasarkan audiens gabungan keduanya, yakni lebih dari 166 juta orang, Wattpad Webtoon Studios akan mampu menciptakan konten paling inovatif di dunia.

Januari lalu Naver mengumumkan akuisisinya terhadap Wattpad, platform novel web asal Kanada. Sebagaimana dilaporkan The Korea Herald, Naver akan mengambil alih 100 persen saham Wattpad seharga sekitar $600 juta (sekitar Rp8,4 triliun) pada paruh pertama tahun ini.

Wattpad adalah platform online yang memungkinkan siapa saja membaca dan menulis cerita. Dengan lebih dari 90 juta pengguna bulanan yang menghabiskan total 23 miliar menit setiap bulannya, Wattpad adalah platform bercerita sosial terbesar di dunia.

Dikombinasikan dengan Webtoon dari Naver yang memiliki 72 juta pengguna bulanan, akuisisi tersebut akan memungkinkan Naver untuk memperluas bisnis konten globalnya dengan cara yang lebih stabil dan efisien.

CEO Naver Webtoon Kim Jun Koo mengatakan melalui Wattpad mereka mampu memperoleh IP (Intellectual Property) atau kekayaan intelektual tentang storytelling global yang lebih beragam.

"Dengan bersinergi dengan Wattpad, kapasitas multidimensi IP Naver Webtoon akan diperkuat, membuat perusahaan selangkah lebih dekat untuk menjadi perusahaan hiburan global terbaik," kata Kim.

Akuisisi ini membuka pintu bagi novel web Korea untuk ditampilkan di Wattpad dan novel Wattpad akan dibuat menjadi webtoon. Wattpad sendiri sangat populer di kalangan Generasi Z, yang mencakup 90 persen penggunanya.

"Seperti bagaimana artis webtoon Korea dapat memulai karir global dan mendapatkan lebih banyak keuntungan melalui Naver Webtoon, kami akan membantu artis web novel maju ke panggung internasional," kata Kim.

Sementara itu, sebagaimana dilaporkan Pulse News, sudah ada sekitar 1.500 cerita dari Wattpad yang telah diterbitkan sebagai buku atau diadaptasi untuk film atau acara TV. Dengan memiliki Wattpad, Naver akan menjadi platform penyampaian cerita terbesar di dunia dengan gabungan 160 juta pengguna konten.

Akuisisi ini juga diharapkan dapat memungkinkan Naver untuk memperluas kehadirannya dalam bisnis konten global dengan pengguna Wattpad dari berbagai latar belakang budaya termasuk Amerika Utara dan Eropa, dimana keberadaan Naver lemah di sana, serta 1 miliar konten cerita yang dibuat oleh 5 juta penulis di seluruh dunia. Lin

(wd)