Hard News

Bandara Kabul Ditembaki 5 Roket

Global

30 Agustus 2021 12:28 WIB

Serangan roket menuju bandara Kabul, Senin (30/8). (Foto: APNews)

KABUL, solotrust.com – Sebanyak 5 roket ditembakkan ke arah Bandara Internasional Hamid Karzai Kabul, Afghanistan pada Senin (30/8) ditengah upaya yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan negara asing lain untuk mengevakuasi sebanyak mungkin warga menjelang tenggat waktu besok.

Menurut keterangan militer Amerika Serikat, roket itu berhasil dihalang oleh sistem pertahanan C-RAM yang didesain untuk melindungi pasukan dari serangan artileri. Belum ada laporan terkait korban akibat serangan roket itu.



Serangan terbaru, yang belum diketahui siapa pelakunya ini, diluncurkan sehari sebelum tentara AS angkat kaki sepenuhnya dari Afghanistan pada 31 Agustus 2021.

AS terus berupaya mengamankan jalur evakuasi, khususnya setelah bom bunuh diri yang diklaim ISIS-K menewaskan setidaknya 90 orang di bandara Kabul pada pekan lalu.

Setelah itu, AS memperketat keamanan. Mereka juga melancarkan setidaknya dua serangan ke dua titik berbeda untuk menggempur ISIS-K.

Pada akhir pekan, mereka menggempur salah satu markas ISIS-K dan menewaskan dua pentolan kelompok tersebut. Sehari setelahnya, AS menggempur satu kawasan di Kabul.

Dalam serangan kedua itu, AS mengklaim berhasil membunuh anggota ISIS-K yang diduga bakal melakukan serangan teror susulan di bandara Kabul.

(zend)