Pend & Budaya

Ini Alasan Semut Saling Behenti Ketika Bertemu dan Berpapasan

Pend & Budaya

20 September 2021 10:27 WIB

ilustrasi semut yang saling menyapa

Solotrust.com - Semut merupakan salah satu binatang yang dikenal selalu berkoloni dan mempunyai rasa gotong royong, bahu membahu yang kuat. Bahkan saat bertemu pun semut seakan saling menyapa dengan semut yang lain. Namun taukah alasan sebenarnya seekor semut menyapa semut lain ketika bertemu?

Akun facebook Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI menyebutkan bahwa alasan semut saat berpapasan seolah-olah berhenti dan saling menyapa ialah karena semut tidak bisa saling melihat karena terlalu lama di tempat gelap sehingga untuk mengenali rekannya dengan indra penciumannya.



"Cara semut untuk mengidentifikasi rekannya ialah dengan saling mencium bau masing-masing secara menyeluruh saat berpapasan," demikian kutipan unggahan akun Kemendikbudristek, Minggu (19/9/2021).

Selain itu antar semut dalam satu koloni membagikan makanannya satu sama lain dengan cara saling menusukan antena dari satu semut ke semut lainnya, sehingga mereka seolah-olah terlihat saling menyapa.

Di samping itu, penciuman bau untuk mengidentifikasi rekannya sangat pemting karena apabila seekor semut bertemu dengan semut yang bukan koloninya maka semut tersebut akan lari dan menyelamatkan dirinya agar selamat dari bahaya yang mungkin saja bisa terjadi serta mengancam nyawanya. (dd)

(zend)