Hard News

Aktivis Muda Greta Thunberg Sebut Janji Pemerintah Global Tentang Perubahan Iklim Hanya Omong Kosong

Global

30 September 2021 10:17 WIB

Aktivis iklim Swedia Greta Thunberg menyampaikan pidato selama sesi pleno pembukaan acara Youth4Climate pada Selasa (28/9/2021) di Milan Italia. (Sumber foto : Tangkapan layar kanal Youtube BBC News)

MILAN, solotrust.com – Aktivis iklim Swedia Greta Thunberg menyampaikan pidato pembukaan dalam acara Youth4Climate pada Selasa (28/9/2021) di Milan Italia.

Dalam pidatonya di Youth4Climate Summit, Greta mengkritik slogan-slogan yang sering digunakan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, dan para pemimpin dunia lainnya.



“Membangun Kembali Lebih Baik,blah blah blah. Ekonomi Hjiau, blah blah blah. Nol Bersih pada Tahun 2050, blah blah blah. Iklim Netral, blah blah blah” ujar Greta Thunberg.

Greta menyebut janji pemerintah hanyalah omong kosong belaka, ia juga menganggap pemerintah terlalu banyak janji tetapi sedikit tindakan yang dilakukan untuk menghadapi pemanasan global yang terjadi hampir 3 dekade sejak pertemuan Earth Summit.

“Hanya ini yang kami dengar dari para pemimpin kami. Kata-kata yang terdengar hebat tetapi sejauh ini tidak menghasilkan tindakan, harapan dan impian kami tenggelam dalam kata-kata dan janji kosong mereka”, kata Greta di acara Youth4Climate dalam unggahan kanal Youtube BBCNews Selasa (28/9/2021).

Dia juga mengatakan alasan bahwa perjuangan melawan perubahan iklim lebih dari sekedar slogan “benar secara politis” yang dimaksudkan untuk membuat orang merasa lebih baik sementara tidak ada tindakan yang diambil.

Ini bukan pertama kalinya Greta menjadi pemimpin muda yang mengkritik para politisi dunia. Pada KTT Iklim PBB 2019, dia menyampaikan pidatonya yang menganggap para pemimpin dunia hanya peduli tentang uang dan “pertumbuhan ekonomi abadi”.

Greta Thunberg juga mempertanyakan apakah para pemimpin dunia yang mengatakan mereka “memahami urgensi” namun terus gagal bertindak” dapat dianggap jahat. (rizka)

(zend)