Hard News

Inggris Kenang dan Bantu Keluarga Korban KRI Nanggala 402

Global

8 Oktober 2021 14:43 WIB

Komunitas Kapal Selam Angkatan Laut Kerajaan Inggris, memperingati tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 dengan meletakkan karangan bunga remembrance poppy di National Submarine War Memorial, London pada Kamis (7/10/2021). (Foto: KBRI London)

LONDON, solotrust.com – Komunitas Kapal Selam Angkatan Laut Kerajaan Inggris yang dipimpin Komodor James Perks CBE, memperingati tragedi tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 dengan peletakakn karangan bunga di National Submarine War Memorial dan membantu keluarga korban pada Kamis (7/10).

Menurut keterangan KBRI London, peringatan tersebut juga dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Inggris Desra Percaya dan Asisten Atase Pertanhanan RI Mayor Pas Fajrun Shodiq serta ketua yayasan We Remember Submariners, Ian Atkinson.



We Remember Submarines merupakan yayasan di Inggris yang menyalurkan bantuan kepada awak kapal selam di seluruh dunia.

Rangkaian acara peringatan dimulai dengan upacara penghormatan kepada 53 korban tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 yang dipimpin oleh Komodor James Perks dan diakhiri dengan peletakan bunga remembrance poppy.

Jajaran angkatan laut kerajaan (Royal Navy) juga menyerahkan plakat kepada Dubes Desra Percaya sebagai symbol simpati Inggris atas tragedy yang menimpa KRI Nanggala 402.

“Saya sangat mengapresiasi Royal Navy dan komunitas kapal selam INggris, melalui yayasan We Remember Submariners, yang telah melakukan penggalangan dana untuk keluarga korban,” kata Desra.

Desra berharap hubungan bilateral antara Indonesia dan INggris akan semakin kuat pada masa mendatang.

Dilansir Antaranews, dana yang terkumpul melalui yayasan We Remember Submariners sebanyak 53 ribu poundsterling atau sekitar Rp1,02 miliar yang nantinya akan diberikan kepada keluarga korban KRI Nanggala 402 melalui Kedutaan Besar Inggris di Jakarta.

(zend)