Entertainment

Dukung Aktivitas Global Stray Kids dan ITZY, JYP Entertainment Kerjasama dengan Agensi Taylor Swift dan The Weeknd

Musik & Film

13 Februari 2022 09:15 WIB

ITZY. (Foto: Instagram/@itzy.all.in.us)

Solotrust.com - JYP Entertainment menjalin kerjasama strategis dengan Republik Records, agensi Amerika Serikat (AS) yang mengelola artis seperti Taylor Swift, Ariana Grande, The Weeknd, Drake, Post Malone, dan Jonas Brothers.

Sebagaimana diberitakan Yonhap News Agency, Jumat (11/2), Republic Records, salah satu label rekaman Amerika terbesar yang dimiliki oleh Universal Music Group, pada hari Kamis (waktu AS) mengumumkan perluasan aliansi dengan JYP Entertainment, yang dimulai pada tahun 2020 dengan girlgroup TWICE.



Di bawah kemitraan baru ini, Republic Records akan mendukung aktivitas grup K-pop JYP lainnya di AS, termasuk boygroup Stray Kids dan girlgroup ITZY.

Sejak TWICE membuat terobosan ke kancah musik AS, grup beranggotakan sembilan orang ini telah mendaratkan dua albumnya di 10 besar teratas tangga album utama Billboard, yakni Formula Of Love: T+O=<3 dan Taste of Love.

TWICE merilis single berbahasa Inggris pertama mereka The Feels tahun lalu, yang berhasil debut di peringkat ke-83 Billboard Hot 100.

Selain artis JYP, Republic Records juga menangani boygroup HYBE Tomorrow X Together (TXT).

Stray Kids debut pada tahun 2017 melalui reality show JYP Entertainment dengan judul yang sama, yang disiarkan Mnet. Grup yang terkenal dengan hit seperti District 9, God's Menu dan Backdoor ini memiliki delapan anggota yakni Bang Chan, Lee Know, Changbin, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin dan I.N.

Lagu-lagu Stray Kids pun telah diakui di ranah global. TIME misalnya, Majalah AS itu memilih Back Door dalam daftar lagu terbaik 2020. Itu adalah satu-satunya lagu Korea Selatan yang masuk daftar.

Dalam keterangannya, TIME menulis bahwa pop kontemporer Korea hampir tidak mungkin untuk diklasifikasikan hari ini dan Back Door dari Stray Kids adalah contoh utama.

"Tidak ada satu pun gaya musik yang tidak terkooptasi secara bersemangat, dalam Frankenstein yang berseni yang menarik sekaligus rumit," tulis TIME.

"Ada airhorns yang dramatis, break R&B yang apik, selingan jazz, paduan suara trap, irama elektronik yang akan mengguncang kerumunan festival dan lainnya, yang lebih mungkin ditemukan di underground club. Sulit untuk tidak terpesona oleh keberanian luar biasa dari lagu tersebut, baik dalam produksinya yang berlapis-lapis maupun energi yang luar biasa dari delapan penampilnya," urai TIME.

TIME juga menulis bahwa Stray Kids adalah pemain yang siap untuk mendobrak industri k-pop yang semakin global dan bergerak bebas, salah satu yang Korea Selatan telah rintis dengan penuh semangat.

Back Door adalah lagu utama dari album repackage (kemas ulang) IN生 (IN LIFE) dari Stray Kids, yang rilis pada 14 September 2020. Album ini disambut hangat pendengar internasional dengan berhasil memuncaki chart iTunes di paling tidak 23 negara seperti Amerika Serikat, Australia dan Rusia. Lagu Back Door sendiri memuncaki chart iTunes di 7 negara seperti Singapura, Peru dan Polandia.

Back Door diciptakan oleh 3RACHA (Bang chan, Changbin, dan Han) dan HotSauce. Lagu eksplosif yang liriknya juga ditulis oleh 3RACHA ini mengundang pendengar untuk bergabung dengan pesta mereka melalui back door.

Sementara itu, ITZY memulai debutnya pada tahun 2019. Grup dengan lagu andalan seperti Dalla Dalla, Wannabe, dan Mafia in the Morning ini memiliki lima anggota yakni Yeji, Lia, Ryujin, Chaeryeong dan Yuna.

ITZY menjadi girlgroup ketiga setelah BLACKPINK dan TWICE yang meraih peringkat tertinggi di Billboard 200, chart yang meranking album-album terpopuler di AS, pasar musik terbesar di dunia.

Album terbaru mereka Crazy in Love mendarat di peringkat ke-11, peringkat tertinggi grup itu sejauh ini. Sebelumnya, grup itu pernah berada di peringkat ke-148 dengan album mini Guess Who.

ITZY menargetkan pasar musik internasional dengan merilis album berbahasa Inggris pertamanya Not Shy. Album itu berisi versi Bahasa Inggris dari 4 lagu utama dari album-album ITZY yakni Not Shy, Wannabe, Icy, dan Dalla Dalla.

ITZY terakhir comeback dengan album full pertamanya Crazy in Love dengan lagu utama LOCO. Diciptakan oleh tim GALACTIKA, LOCO adalah lagu Neo Fusion Groove yang menggabungkan unsur Fusion Groove, Latin dance, Moombahton, dan trap sound. (Lin)

(zend)