Entertainment

Lagi, BTS Jadi Artis Terlaris di Dunia Menurut IFPI

Selebritis

25 Februari 2022 14:18 WIB

BTS kembali menjadi artis rekaman terlaris di dunia. (Foto: Dok. HYBE)

Solotrust.com - International Federation of the Phonographic Industry (IFPI), organisasi yang mewakili industri rekaman musik di seluruh dunia, mengumumkan pada 24 Februari 2022 waktu setempat via laman resminya bahwa BTS adalah pemenang IFPI Global Recording Artist of the Year Award 2021 (Artis Rekaman Gobal Tahun Ini). Dengan kata lain, BTS adalah artis terlaris di dunia dalam hal penjualan rekaman musiknya.

Tahun ini BTS unggul dari sejumlah artis global lain. Berturut-turut yang menduduki peringkat kedua hingga kesepuluh adalah Taylor Swift, Adele, Drake, Ed Sheeran, The Weeknd, Billie Eilish, Justin Bieber, SEVENTEEN, dan Olivia Rodrigo.



Penghargaan ini dihitung berdasarkan kinerja artis atau grup di seluruh dunia dalam format musik digital dan fisik sepanjang tahun, dari streaming hingga vinyl, dan mencakup seluruh karya mereka.

Pada tahun 2021, BTS merilis hit Butter pada bulan Mei, yang langsung sukses dan menempati posisi pertama tangga lagu Billboard Hot 100 AS selama tujuh minggu berturut-turut.

Pada bulan Juli, single baru grup tersebut Permission to Dance juga memulai debutnya di peringkat pertama Hot 100. Pada bulan September, Coldplay dan BTS merilis single baru My Universe yang juga menempati posisi pertama di AS.

Di Asia, BTS merilis album Greatest Hits berbahasa Jepang, BTS, THE BEST yang menduduki puncak Oricon Year End Album Chart. Ini adalah pertama kalinya artis non-domestik melakukannya dalam 37 tahun.

Rilisan CD Butter juga memuncaki chart akhir tahun Gaon di Korea Selatan, yang merupakan tahun keenam berturut-turut BTS berhasil mencapai prestasi ini. Gaon adalah chart seperti Billboard di AS dan Oricon di Jepang.

"Kesuksesan fenomenal BTS selama setahun terakhir adalah bukti kreativitas, kerja keras, dan komitmen berkelanjutan mereka untuk terus menemukan cara membawa musik mereka ke dunia," kata Chief Executive IFPI Frances Moore.

"Dengan tampil dalam tiga bahasa yang berbeda, mereka menunjukkan daya tarik global mereka yang luar biasa unik dan basis penggemar mereka yang dinamis dan bersemangat telah membantu menjadikan mereka artis pertama dalam sejarah yang menduduki puncak chart artis global dalam dua tahun berturut-turut," lanjutnya.

"Kami ingin mengucapkan selamat kepada RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V dan Jung Kook dan semua yang bekerja di tim mereka karena telah memenangkan Penghargaan Artis Rekaman Global Tahun Ini dan pada tahun berikutnya dari kesuksesan yang cemerlang," tutupnya.

Pada Maret 2020 silam, IFPI mengumumkan bahwa BTS adalah artis rekaman terlaris di dunia, yang merupakan capaian pertama untuk artis asal Asia. BTS menempati peringkat kedua di chart yang sama pada tahun 2018 dan ketujuh pada 2019.

IFPI mencatat bagaimana album BTS Map of the Soul: 7 adalah salah satu album yang paling banyak dipesan sepanjang masa dan menduduki puncak penjualan di lebih dari 20 negara. Album berbahasa Jepang mereka Map of the Soul: 7 ~ The Journey ~ juga melampaui setengah juta kopi hanya dalam dua hari setelah dirilis.

Pada tahun tersebut, BTS mencetak sejarah dengan hit berbahasa Inggrisnya Dynamite, lagu pertama dari artis Korea Selatan yang memuncaki Billboard HOT 100. Grup itu juga berhasil mendaratkan Life Goes On, lagu yang mayoritas dinyanyikan dalam Bahasa Korea, di puncak HOT 100. (Lin)

()