Hard News

Yonif 400/Banteng Raider Kodam IV Diponegoro Gelar Latihan Pertempuran Kota

TNI / Polri

26 Februari 2022 20:25 WIB

Apel upacara penutupan simulasi perang kota di alun alun Kabupaten Karanganyar dipimpin Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Prawito, Sabtu (26/02/2022)

KARANGANYAR, solotrust.com - Batalyon Infanteri Raider 400/Banteng Raider Kodam IV/Diponegoro menggelar Pelatihan Pertempuran Kota, Sabtu (26/02/2022) dini hari. Simulasi pertempuran yang dijalankan, yakni jika terjadi pergolakan kalangan radikal di lingkungan perkotaan. Salah satu hal mendasari simulasi ini adalah lingkungan perkotaan memiliki potensi besar dalam meledaknya golongan radikal dan  teroris.

Sebagai penutup, pada Sabtu pagi dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Pelatihan Pertempuran Kota di Alun-alun Karanganyar. Apel dipimpin Kepala Staf Kodam (Kasdam) IV Diponegoro Brigjen TNI Prawito.



Dalam amanat sambutannya, Brigjen TNI Prawito menegaskan latihan pertempuran kota dimaksudkan untuk mengetahui kesiapan Kodam IV/Diponegoro dalam rangka mengantisipasi ancaman radikalisme yang mungkin timbul di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kedua wilayag ini menjadi baromater stabilitas nasional. Radikalisme merupakan paham yang menghendaki terjadinya perubahan atau pembaharuan politik secara drastis dengan cara kekerasan atau pemaksanan kehendak.

"Seiring merebaknya paham radikalisme perlu segera diantisipasi. Jangan sampai kalah cepat dari kelompok radikal yang mengganggu stabilitas nasional. Oleh karena itu harus memaksimalkan kinerja aparat di lapangan, melakukan koordinasi terpadu dengan aparat teritorial serta melakukan pembinaan mental dan hukum, mengoptimalkan peran Bhabinsa di wilayah masing-masing untuk meminimalisasi terbentuknya kelompok-kelompok radikal di kalangan masrakarat,” papar Kasdam IV/Diponegoro

Kodam IV/Diponegoro diharapkan mampu menyelenggarakan operasi pertahanan wilayah Jawa Tengah dan DIY, salah satunya adalah pertempuran kota. Kemampuan pertempuran kota harus dimiliki seluruh satuan tempur. Ke depannya, latihan pertempuran kota akan diselenggarakan secara rutin.

Lebih lanjut, Brigjen TNI Prawito mengatakan sebanyak 1500 pasukan tempur, satuan bantuan tempur dari Kodam IV Diponegoro dilibatkan dalam latihan tempur perkotaan di Karanganyar yang digelar sejak Jumat hingga Sabtu (25-26/02/2022)

Dalam latihan tempur perkotaan, pasukan tempur dari Yonif Raider 400 membebaskan Kota Karanganyar yang dikuasai musuh. (joe)

(and_)