Ekonomi & Bisnis

Sekda Ahyani Harapkan Kemenhub Kembangkan Jalur Utara-Selatan Solo

Ekonomi & Bisnis

12 Maret 2022 22:33 WIB

Sekda Pemkot Solo Ahyani (tengah) saat peluncuran KMT edisi khusus satu tahun KRL Yogyakarta-Solo, Sabtu (12/03/2022).

SOLO, solotrust.com - Sekretaris Daerah Pemerintah Kota (Sekda Pemkot) Solo Ahyani menyampaikan apresiasi atas langkah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memgembangkan kereta rel listrik (KRL) Yogyakarta-Solo dalam lima tahun ke depan.

"PT KAI sangat membantu mendukung perkembangan Kota Solo dan mewujudkan Kota Solo menjadi kota paling nyaman di Indonesia. Bisa dilihat, PT KAI memberikan layanan transportasi dan mewujudkan penataan kota yang nyaman," kata Ahyani di sela peringatan satu tahun KRL Yogyakarta-Solo di Stasiun Solo Balapan, Sabtu (12/03/2022).



Menurutnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menata jalur kereta api di Solo secara rapi, sehingga mendukung kenyamanan penduduk dan mendukung Kota Solo berseri.

Pihaknya menyambut baik rencana Kemenhub mengembangkan jalur KA ke arah Barat dan Timur Solo, yakni Yogyakarta dan Madiun. Terlebih Kota Bengawan sebagai pusat kegiatan dan pusat wilayah aglomerasi Soloraya.

"Kita juga punya sisi Utara-Selatan. Jadi mohon jalurnya juga dilirik karena pengguna KA juga dari sisi Utara dan Selatan. Sisi Selatan jalur Wonogiri, jalur Utara yang ke Semarang," jelas Ahyani.

Apabila jalur Utara dan Selatan Solo juga dikembangkan, diharapkan dapat mengangkat potensi yang ada di sekitarnya dan membantu mengembangkan pelayanan transportasi publik di Solo.

"Dengan pengembangan yang dilakukan saat ini juga berkontribusi dalam upaya mengurangi kemacetan lalu lintas di Kota Solo. Terima kasih PT KAI yang terus berinovasi memberikan pelayanan," pungkas Ahyani. (rum)

(and_)