Ekonomi & Bisnis

Penggunaan Fintech Meningkat, Masyarakat Diminta Lebih Jeli Lihat Manfaatnya

Ekonomi & Bisnis

1 April 2022 16:05 WIB

Wakil Sekretaris Jendral I AFTECH, Dicky Widjaja dalam Forum Diskusi Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022, Kamis (31/3).

SOLO, solotrust.com – Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022 menyoroti soal peningkatan pemanfaatan Financial Technology (Fintech) untuk membantu banyak pihak.

Wakil Sekretaris Jendral I AFTECH, Dicky Widjaja, menjelaskan peningkatan adopsi Fintech membutuhkan kerjasama baik dari pemerintah dan perusahaan yang bersangkutan. Terlebih masyarakat kini harus pintar memilih layanan fintech yang baik dan legal.



“Sebenarnya ada beberapa layer, yang pertama kita harus meningkatkan tingkat literasi, yang kedua mengajarkan benefit aplikasi Fintech dan bagaimana memilih layanan yang baik,” ujar Dicky.

Jika masyarakat dapat memahami fungsi pokok fintech, Dicky melanjutkan, dapat mempermudah kehidupan masing-masing.

“Kalo kita bisa fokuskan ke benefitnya sendiri, kita sadar bahwa dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi Fintech ini, kita ingin membantu semua pihak yang menggunakan layanan keuangan ini agar hidup lebih mudah,” imbuh nya.

Ia mencontohkan saat perusahaan menerima pembayaran menggunakan e-money, maka konsolidasi atau rekonsiliasi sales akan lebih mudah, pembayaran lebih cepat diterima, tidak perlu menghitung pembayaran cash, bahkan catatan penjualan akan tercatat secara otomatis.

Selanjutnya, dalam sisi bisnis hal ini dinilai lebih transparan dan inklusifitas meningkat.

“Karena ketika mereka membutuhkan pinjaman, kedepannya perusahaan bisa memanfaatkan data yg sudah tersimpan,” jelasnya. (rich/lulu)

(zend)