Hard News

Billboard Jelaskan Keuntungan Artis yang Memenangkan Grammy Awards

Global

3 April 2022 10:10 WIB

Grammy Awards 2022. (Foto: Dok. CBS)

Solotrust.com - Setelah sempat ditunda, Grammy Awards 2022 akan dihelat di MGM Grand Garden Arena di Las Vegas pada 3 April waktu setempat. Dalam episode terbaru Billboard Explains (31/3), Billboard membahas keuntungan seorang artis yang memenangkan Grammy Award, dan bagaimana hal itu memengaruhi karier mereka.

Dijelaskan bahwa artis akan sering melihat peningkatan dalam penjualan album maupun jumlah streamingnya setelah membawa pulang Piala Grammy. Ini disebut dengan "Grammy bump". Ukuran bump ini sering kali berkorelasi dengan berapa banyak penghargaan yang dikumpulkan dan kapan upacara kemenangan terjadi.



"Umumnya, penghargaan primetime yang menang dan pertunjukan yang memukau selama siaran utama akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar," kata Billboard.

Dalam kasus Taylor Swift, Folklore memenangkan penghargaan Album of the Year, yang kemudian mengalami peningkatan pendapatan sebesar 53 persen pada minggu saat upacara berlangsung maupun minggu setelah upacara. Bump tidak berhenti di situ, karena seluruh katalog Swift juga mengalami peningkatan pendapatan sebesar 12 persen.

'Untuk artis, pemenang, nominasi, atau penampil di Grammy, lonjakan pendapatan berkisar antara 4 hingga 400 persen setelah upacara," kata Billboard.

Tampil di Grammy sering kali menjamin masuknya peluang bagi artis, seperti Koffee, yang memanfaatkan kemenangan album reggae terbaiknya untuk menandatangani kontrak rekaman AS hanya beberapa hari setelah penghargaan tahun 2019. Kendrick Lamar pun mengalami lonjakan 349 persen untuk pengikut Instagram-nya setelah Grammy pertamanya.

"Perhatian dan kegembiraan seputar kemenangan Grammy selalu membuat orang lebih penasaran, terutama jika itu adalah artis yang lebih baru. Ini memengaruhi kemampuan Anda untuk menarik perhatian sehingga membuat Anda mendapatkan kesepakatan yang lebih baik, kontrak yang lebih baik. Semoga lebih banyak orang yang senang melihat Anda dan ingin mendengarkan apa yang telah Anda lakukan," kata CEO Recording Academy, Harvey Mason jr.

Daftar nominasi Grammy 2022 dipimpin oleh Jon Batiste dengan 11 nominasi, diikuti oleh Justin Bieber, Doja Cat, dan H.E.R. dengan masing-masing delapan. Billie Eilish dan Olivia Rodrigo menyusul dengan masing-masing tujuh nominasi.

Trevor Noah, pembawa acara The Daily Show dari Comedy Central, akan menjadi pembawa acara Grammy tahun ini, seperti yang dilakukannya tahun lalu. (Lin)

(zend)