Hard News

Kakao Akan Bangun Arena K-Pop Pertama dan Terbesar

Global

9 April 2022 15:39 WIB

Gambaran Seoul Arena, arena K-Pop pertama dan terbesar yang akan dibuat oleh Kakao dan Pemerintah Kota Seoul (Foto: Dok. Pemerintah Kota Seoul)

Solotrust.com - Kakao, raksasa IT Korea Selatan dan Pemerintah Kota Seoul akan membangun arena K-Pop pertama dan terbesar, yang didedikasikan untuk panggung artis K-Pop, demikian pernyataan dari pihak terkait sebagaimana dikabarkan The Korea Herald, Senin (4/4).

Disebut Seoul Arena, kompleks multikultural ini akan mulai dibangun pada bulan Juni dan diharapkan selesai pada Oktober 2025.



Seoul Arena akan dibangun di Dobong-gu utara Seoul dan akan mampu menampung lebih dari 20.000 penonton konser untuk satu acara.

Menurut Kakao, Seoul Arena akan terdiri dari tempat konser khusus musik dengan hampir 19.000 kursi dan kapasitas maksimum hingga 28.000 orang untuk konser dengan ruang berdiri.

Konser besar yang menampilkan artis papan atas telah berlangsung di Stadion Olympic atau tempat terbuka lainnya sejauh ini. Seoul Arena yang direncanakan ini, dengan peralatan suara canggih, akan menawarkan tempat yang sempurna untuk superkonser, tambah pejabat terkait.

Seoul Arena juga akan menampilkan tempat konser berukuran sedang yang terpisah dengan kapasitas maksimum 7.000 orang serta bioskop dan fasilitas komersial.

Kakao mengatakan mereka mengharapkan Seoul Arena mampu menarik sekitar 1,8 juta pengunjung per tahun.

Menurut pemerintah kota Seoul, proyek ini diperkirakan menelan biaya 312 miliar Won. Kakao akan membiayai 97 persen dari modal perusahaan.

Di sela-sela proyek, Kakao mengatakan pihaknya berencana untuk menjalankan berbagai program untuk membina calon seniman dan menyediakan tempat konser dan studio untuk kreasi mereka.

Sementara itu, sebagaimana dikabarkan Aju News, berdasarkan teknologi dan kemampuan kontennya, Kakao mengatakan akan berkontribusi pada globalisasi K-pop lewat pembangunan ini.

Seoul Arena akan menggabungkan teknologi seperti virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) ke dalam konten pertunjukan dan menyediakan pertunjukan langsung dan layanan streaming dengan menghubungkan berbagai platform online.

"Kami akan fokus untuk menciptakan fasilitas budaya kompleks Seoul Arena dan secara menyeluruh mempersiapkan berbagai program untuk mengembangkan ekosistem konten dan merevitalisasi ekonomi lokal untuk lebih mempercepat penyebaran global konten K dan kemakmuran bersama dengan komunitas lokal," kata Kim Sun Soo, ketua dewan direksi Kakao, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Ada beberapa tempat ikonik untuk konser K-pop di Seoul, tetapi tidak ada yang hanya didedikasikan untuk acara yang berhubungan dengan musik.

"Sebagai landmark baru bagi penggemar Hallyu dari seluruh dunia, Seoul Arena akan menjadi bantuan besar untuk memperkuat daya saing global kota budaya Seoul," kata Walikota Seoul, Oh Se Hoon.

Kakao akan mengoperasikan dan memelihara Seoul Arena selama 30 tahun setelah dibuka. Sedangkan tempat dan fasilitasnya akan dimiliki oleh pemerintah Kota Seoul. (Lin)

(zend)