Entertainment

BOL4 Comeback dengan Album Seoul, Rangkul Berbagi Emosi yang Dia Rasakan di Kota Itu

Entertainment

24 April 2022 11:50 WIB

BOL4 kembali dengan album baru bertajuk Seoul. (Foto: Dok. Shofar Entertainment)

Solotrust.com - Penyanyi dan pencipta lagu BOL4 atau Ahn Ji Young, baru saja comeback dengan album mini terbaru bertajuk Seoul dengan lagu utama berjudul sama. Ini adalah kembalinya Ahn setelah satu setengah tahun hiatus karena masalah kesehatan. Pada Oktober 2021, dia merilis single digital Butterfly Effect, namun tidak menjalani aktivitas promosi.

"Album mini 'Seoul' adalah Seoul-nya BOL4. Seoul saya merangkul berbagai nuansa emosi saya, dari hasrat yang meluap hingga cinta besar yang saya terima, serta rasa sakit yang menyiksa. Saya ingin menunjukkan Seoul ini, yang terdiri dari emosi-emosi itu," kata Ahn dalam showcase media yang berlangsung di Seoul pada hari Rabu (20/4) sebagaimana dikabarkan The Korea Herald.



Seoul sendiri adalah lagu bertempo sedang yang dimulai dengan perpaduan funk synth dan suara gitar yang lembut.

"Seoul dulunya adalah kota impian bagi saya. Saya datang ke Seoul ketika saya berusia 20 tahun untuk belajar musik di universitas, dimana saya bertemu banyak teman seperti saya yang ingin mengejar musik. Lagu ini menunjukkan mimpi yang kami miliki, dan betapa kami mencintai musik kami. Saya ingin menunjukkan betapa indahnya Seoul saya saat itu melalui lagu ini," kata Ahn tentang lagu itu.

Ahn, yang lahir pada 1995, pindah dari kota kelahirannya di Yeongju ke Seoul pada tahun 2014 untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Album ini berisi 4 lagu lain yakni Love Story, What makes us beautiful, In the Mirror, dan Star.

Love Story menghadirkan kembali suara khas BOL4 yang manis. Di dalamnya, Ahn menyanyikan tentang kisah cinta melalui melodi pop remaja yang ringan.

What makes us beautiful adalah  sebuah lagu seperti dongeng yang menurut Ahn menggali topik tentang apa yang membuat kita cantik dan bagaimana kita mencari jawabannya.

 

In the Mirror adalah lagu yang menunjukkan bagaimana dia bertahan dan mengatasi masa-masa kelam dalam hidupnya.

"Ketika saya melalui masa yang sulit, saya tidak ingin melihat diri saya di cermin. Saya tidak suka penampilan saya. Tetapi saya menyadari bahwa saya tidak dapat terus hidup seperti ini. Saya perlu melindungi diri saya sendiri, dan salah satu cara untuk melakukannya adalah menghadapi emosi dan kondisi saya. Lagu ini tentang keinginan saya yang penuh harapan, yakni ingin mencintai diri sendiri lagi dan melindungi diri saya sendiri," kata Ahn.

Untuk lagu Star, Ahn mengungkapkan bahwa itu adalah lagu yang sudah cukup lama dia buat.

"Saya menuangkan emosi yang saya rasakan ketika saya tidak enak badan ke dalamnya. Meskipun saya tidak bisa menyembuhkan hati pendengar yang lelah, saya berharap mereka bisa merasakan lagu ini berempati dengan mereka," kata Ahn.

Di antara kelima lagu ini, Ahn paling menyukai Star, karena lagu tersebut mewujudkan emosinya yang paling mentah.

"Saya sangat blak-blakan dalam menuangkan emosi saya melalui lirik sehingga saya bahkan tidak yakin apakah boleh begitu jujur. Lagu itu adalah lagu pertama yang saya buat setelah istirahat panjang, dan cukup berani untuk menulis lagu dengan santai, lagu-lagu lainnya menyusul satu per satu. Itu yang membuat lagu-lagu lain bisa ada, jadi itu sangat berarti bagi saya," kata Ahn.

BOL4 atau juga dikenal sebagai Bolbbalgan4 (Bolbbalgan Sachunki) awalnya adalah band indie yang dibentuk Ahn dan beberapa teman SMA-nya di Kota Yeongju.

Pada tahun 2014, band indie itu muncul di program audisi populer Superstar K6 musim keenam dari ajang pencarian bakat Mnet.

Akhirnya hanya dua anggota yakni Ahn Ji Young dan Woo Ji Yoon yang menandatangani kontrak dengan Shofar Entertainment pada Januari 2015, dan debut pada April 2016 dengan album mini "Red Ickle". Ahn bertindak sebagai vokalis dan Woo sebagai co-vocalist dan gitaris.

BOL4 berhasil memuncaki tangga lagu Korea Selatan dengan sejumlah hit-hitnya seperti Galaxy dan Some. Pencapaian ini terbilang impresif karena mereka datang dari band indie yang sederhana.

Ahn dikenal memiliki vokal yang unik. Dia juga menciptakan lagu-lagu utama dalam tiap album. Saat ini, Some telah melewati 105 juta penayangan di YouTube dan Galaxy memiliki 92 juta penayangan.

Dalam karir musiknya, BOL4 juga telah mendapatkan berbagai penghargaan, antara lain Best Indie dalam Melon Music Awards tahun 2016, New Artist Of The Year dari Golden Disk Awards 2017 dan Indie Discovery of The Year dari Gaon Chart Music Awards 2017.

Pada April 2020, Woo Ji Yoon meninggalkan BOL4 dan debut lagi dengan nama Odd Child. Ahn memutuskan untuk melanjutkan BOL4 dengan memakai nama panggung BOL4 sebagai solois.

Setelah merilis album mini keenam Youth Diary II pada Mei 2020, dan single solo Filmlet pada November tahun itu, Ahn mengumumkan bahwa dia akan hiatus. Youth Diary II adalah album fisik terakhir BOL4, sehingga album Seoul ini kian spesial karena dirilis setelah 2 tahun vakum.

"Musim dingin di hati saya lebih panjang dari musim seminya. Namun seiring berjalannya waktu, saya ingin merasakan kehangatan musim semi dengan lebih banyak orang, dan saat itulah saya mulai menulis lagu yang lebih cerah. Saya fokus untuk memastikan bahwa cerita saya mengalir dari track pertama hingga terakhir secara koheren," katanya tentang keseluruhan album mini Seoul ini.

Harapan menjadi pesan yang ingin Ahn sampikan dalam album ini.

"Album ini memegang impian saya tentang Seoul. Jika Anda mendengarkan dengan seksama, semua lagu berakhir dengan harapan. Saya pikir kata sifat atau deskripsi apa pun yang kita masukkan dengan kata 'mimpi', itu masih mengarah pada sesuatu yang penuh harapan," kata Ahn.

(zend)