Hard News

Jersey Maradona di Piala Dunia Laku Rp134 Miliar di Acara Lelang

Global

8 Mei 2022 10:05 WIB

Jersey Maradona saat mencetak dua gol melawan Inggris di Piala Dunia 1986 laku sekitar Rp134 miliar. (Foto: Rumah lelang Sothebys)

Solotrust.com - Jersey yang dikenakan legenda sepak bola Argentina Diego Maradona saat mencetak dua gol melawan Inggris di Piala Dunia 1986, termasuk gol "tangan Tuhan" yang terkenal, dilelang seharga $9,3 juta (sekitar Rp134 miliar), sebuah rekor untuk barang-barang memorabilia olahraga, kata rumah lelang Sotheby's pada hari Rabu, sebagaimana dikabarkan AFP (5/5).

"Baju bersejarah ini adalah pengingat nyata dari momen penting tidak hanya dalam sejarah olahraga, tetapi juga dalam sejarah abad ke-20," kata kepala streetwear dan koleksi modern Sotheby's, Brahm Wachter dalam sebuah pernyataan setelah penjualan.



"Ini bisa dibilang kaos sepak bola paling didambakan yang pernah dilelang, dan karenanya pantas bahwa sekarang ini memegang rekor pelelangan untuk objek apa pun dari jenisnya," katanya.

Jersey tersebut dimiliki oleh gelandang lawan Steve Hodge, yang menukar jerseynya dengan Maradona setelah Inggris kalah 2-1. Hodge, yang otobiografinya berjudul "Pria berbaju Maradona", selama 20 tahun terakhir telah meminjamkan jersey tersebut untuk dipamerkan kepada publik di National Football Museum di Manchester.

Penjualan jersey Maradona ini pun berhasil memecahkan dua rekor Guinness, yakni kaos sepak bola termahal yang dijual di lelang serta memorabilia olahraga termahal yang dijual di lelang.

Maradona sendiri memegang beberapa gelar Guinness World Records, termasuk penampilan terbanyak di Piala Dunia FIFA sebagai kapten dengan 16 kali, serta mencetak gol terbanyak di Piala Dunia FIFA sebagai kapten dengan 6 gol.

Maradona tampil sebanyak 91 kali untuk tim nasional Argentina dan kemudian menjadi pelatih kepala selama kampanye Piala Dunia 2010 mereka. Dalam karir klubnya, ia menghabiskan lebih dari 10 tahun di Eropa dengan Barcelona, ​​Napoli dan Sevilla. (Lin)

(zend)