Entertainment

BTS Siapkan 48 Lagu untuk Album Antologi Proof, Dibagi ke dalam 3 CD

Musik & Film

23 Mei 2022 15:12 WIB

BTS akan merilis album antologi "Proof" (Dok. Big Hit Music)

Solotrust.com -BTS akan merilis album antologi bertajuk "Proof" pada 10 Juni mendatang. Album dengan 48 lagu ini dibagi ke dalam 3 CD.

BigHit Music mengatakan bahwa album antologi ini akan mencerminkan pemikiran dan ide para anggota BTS di masa lalu, sekarang, dan masa depan.



Menurut BigHit Music, CD pertama akan berperan sebagai "the chronicle of BTS". CD ini berisi 19 lagu termasuk "Born Singer" versi remaster. Lagu ini pernah dirilis secara digital secara gratis pada bulan Juli tahun 2013, sebulan setelah BTS debut. Lagu ini secara original adalah milik J Cole dengan judul "Born Sinner".

"Born Singer" menceritakan kisah-kisah jujur tentang waktu dimana BTS mencoba untuk berhasil dalam bisnis musik dan perasaan yang mereka hadapi sebulan setelah melakukan debut.

Setelah dibuka dengan "Born Singer", lagu-lagu lain yang masuk dalam CD 1 adalah "No More Dream", "N.O", "Boy In Love", "Danger", "I Need U", "Run", "Fire", "Blood Sweat and Tears", "Spring Day", "DNA", "Fake Love", "Idol", "Boy With Luv", "On", "Dynamite", "Life Goes On", "Butter", dan "Yet to Come".

"Yet to Come (The Most Beautiful Moment)" adalah lagu baru dalam CD pertama, sekaligus subjudul dari narasi BTS dalam trilogi album "Hwa Yang Yeon Hwa (The Most Beautiful Moment in Life)" mereka yang dirilis antara 2015 dan 2016.

Jika CD pertama berisi lagu-lagu utama BTS dari tahun 2013 sampai 2021, maka CD kedua lebih mengarah pada lagu-lagu solo maupun sub-unit dari anggota-anggota BTS.

CD kedua berisi lagu baru berjudul "Run BTS", yang juga merupakan judul dari variety show grup yang sudah berjalan sejak tahun 2015.

CD ini menampilkan lagu-lagu solo dan unit yang menonjolkan selera dan warna ketujuh anggotanya, yakni "Intro: Persona", "Stay", “Moon", "Jamais Vu", "Trivia: Seesaw", "Cypher Pt.3: Killer", "Outro: Ego", "Her", "Filter", "Friends", "Singularity", "00:00", "Euphoria", dan "Dimple".

CD ketiga adalah hadiah spesial dari para anggota BTS untuk para penggemarnya. CD ini berisi 14 lagu yang akan membawa pendengar selangkah lebih dekat dengan para anggota, termasuk dengan lagu-lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya, yakni "Young Love" dan "Quotation Mark".

Ada pula versi demo dari beberapa lagu hit, yakni "Jump", "Boy in Luv", "I Need U", "Boyz With Fun", "Seesaw", "Young Forever (RM demo ver.), "Spring Day" (V demo ver.)", "DNA (J-hope demo ver.), dan "Epiphany (Jin demo ver.)". Terdapat pula lagu Suga berjudul "Tony Montana" featuring Jimin.

"For Youth" menjadi lagu baru ketiga, sekaligus menutup album kompilasi ini. Menurut BigHit Music, lagu tersebut mengungkapkan rasa terima kasih dan cinta yang tulus dari para anggota BTS kepada penggemarnya, ARMY.

Semua lagu dari CD ketiga hanya akan tersedia melalui CD fisik, kecuali lagu baru "For Youth". (Lin)

(WD)