Entertainment

Sutradara Broker Kore-eda Puji Etos Kerja Aktris Bae Doo Na

Selebritis

11 Juni 2022 20:05 WIB

Aktris Bae Doo Na. (Foto: Instagram/ @doonabae)

Solotrust.com - Hirokazu Kore-eda, sutradara film Broker, memuji etos kerja aktris Bae Doo Na, yang berperan sebagai polisi bernama Soo Jin dalam film tersebut.

Dalam wawancara dengan media Korea Selatan baru-baru ini, seperti diberitakan The Korea Herald, aktris 42 tahun tersebut mengaku tidak pernah puas dengan aktingnya.



"Saya tidak pernah puas dengan akting saya, dan saya hanya melihat kekurangan. Saya hanya menerimanya ketika sutradara mengatakan OK. Saya biasanya tidak menonton penampilan saya di lokasi syuting juga. Saya merasa malu," kata Bae Doo Na.

Meskipun Bae Doo Na rendah hati, sutradara Broker memuji penampilannya beberapa kali dalam konferensi pers dan wawancara. Menurut Kore-eda, Bae Doo Na adalah satu-satunya aktor yang meminta naskah asli versi Jepang yang ditulis oleh sutradara.

Membaca naskah versi Jepang sangat penting untuk Bae Doo Na, karena elips yang hilang dalam skrip versi Korea. Aktris ini percaya bahwa tanda baca dapat mengandung banyak emosi karakter.

"Saya pikir itu bagus karena saya bisa membaca lebih dari satu bahasa," kata Bae Doo Na.

Bae Doo Na sendiri tidak dapat hadir dalam premiere film Broker di Cannes karena sedang syuting serial sci-fi Netflix Rebel Moon.

"Sayang sekali saya tidak bisa datang ke Cannes tahun ini. Saya mencoba menyesuaikan jadwal saya tetapi tidak berhasil. Sebagai seorang aktor, jadwal syuting film harus didahulukan," ujarnya.

Broker berkisar pada hubungan yang dibentuk melalui kotak bayi yang dipasang di gereja atau institusi di Korea, dimana orang tua yang putus asa dapat meninggalkan bayi mereka yang baru lahir secara anonim.

Bae Doo Na berperan sebagai petugas polisi Soo Jin, yang sedang menyelidiki dua pria Sang Hyun (diperankan Song Kang Ho) dan Dong Soo (diperankan Kang Dong Won), yang mencuri bayi untuk menjualnya kepada keluarga yang tidak bisa secara hukum mengambilnya.

Dalam wawancaranya dengan Majalah L’Officiel USA, Bae Doo Na pernah ditanya bagaimana dia mempersiapkan sebuah peran, yang dari jawabannya tergambar betapa profesionalnya dia.

"Ketika saya memilih film, saya memilih karakter yang saya mengerti. Kemudian saya melakukan upaya yang diperlukan untuk siap secara profesional: belajar memanah untuk memainkan pemanah, kick-boxing untuk membuat adegan pertempuran berhasil. Untuk #jesuislà, saya harus belajar bahasa Prancis. Sesi pelatihan konkret inilah yang memungkinkan saya untuk lebih memahami karakter dan memainkannya dengan nyata," jelasnya.

Bae Doo Na memang sangat menyukai profesinya sebagai seorang aktor. Hal ini sering ia ungkapkan dalam berbagai wawancara, seperti dalam acara You Quiz on the Block dari tvN yang dipandu Yoo Jae Seok.

"Saya tidak bisa membayangkan kehidupan dimana saya bukan seorang aktor. Akting adalah semua yang saya tahu bagaimana melakukannya. Saya dicasting di jalan dan menjadi model, melakukan pemotretan majalah, melakukan iklan TV, dan kemudian memulai debut di sebuah film. Tapi saya tidak menyesal menjadi seorang aktor. Jika saya dilahirkan kembali, saya akan melakukan hal yang sama," kata Bae Doo Na.

Dia melanjutkan, "Saya pikir menjadi aktor adalah pekerjaan yang sangat bagus. Tentu saja, ada hal-hal yang harus Anda siapkan. Untuk membuat karakter nyata dari teks pada halaman, Anda harus sangat sensitif tentang berbagai hal, sehingga dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang."

Bae Doo Na juga berbagi alasan mengapa dia seperti tidak pernah beristirahat dan terus berakting.

"Terlepas dari bakat saya, mungkin ada saatnya ketika publik muak melihat saya dan ingin melihat lebih sedikit dari saya. Saya berpikir bahwa waktu itu mungkin akan datang suatu hari nanti. Itu sebabnya saya bekerja keras sekarang. Orang-orang bertanya kepada saya mengapa saya tidak istirahat, tetapi saat ini terlalu berharga. Saya ingin menjalani setiap hari seintensif mungkin. Ketika saya melewati 40, saya berpikir bahwa saya harus hidup tanpa penyesalan. Saya merasa seperti menjalani hidup saya di lokasi syuting. Saat ini, seluruh hidup saya ada di lokasi syuting," ungkapnya.

Dalam sebuah wawancaranya dengan The Korea Times saat era The Silent Sea, aktris yang sudah memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman akting ini mengungkapkan bahwa dia masih ingin menantang dirinya sendiri dengan peran yang berbeda.

"Saya tidak membatasi genre atau memiliki serangkaian peran yang saya sukai untuk dimainkan. Saya bisa menjadi peran utama atau peran pendukung. Dan saya dapat ambil bagian dalam proyek anggaran rendah atau independen atau dalam blockbuster. Saya bertujuan untuk mendapatkan apa pun yang ingin saya lakukan," kata Bae Doo Na. (Lin)

(zend)