Ekonomi & Bisnis

Manfaatkan Animo Pendukung Persis Solo: Pedagang Awul-awul Ikutan Nyempil di Pembukaan Piala Presiden

Ekonomi & Bisnis

13 Juni 2022 13:59 WIB

Pedagang pakaian bekas alias awul-awul di pertandingan pembuka Piala Presiden 2022 Persis Solo melawan PSS Sleman, di Stadion Manahan, Sabtu (11/6). (Foto: Dok. solotrust.com/dks)

SOLO, solotrust.com - Biasanya di pertandingan sepak bola akan diramaikan para pedagang merchandise bertema sepak bola. Namun, berbeda dengan pedagang asal Gemolong, Sragen, Rega di pertandingan pembuka Piala Presiden antara Persis Solo vs PSS Sleman di Stadion Manahan Solo Sabtu (11/6).

Alih-alih menjual pakaian bertema Persis atau PSS, ia justru berjualan pakaian bekas alias awul-awul di sisi timur stadion. Rega mengaku berjualan pakaian awul-awul untuk memanfaatkan animo puluhan ribu pendukung Persis yang untuk pertama kalinya dapat memadati Stadion Manahan setelah 2 tahun lamanya.



"Coba lihat aja momen bola kayak gini ada bagusnya apa enggak," kata Rega kepada Solotrust.com Sabtu (11/6).

Rega mengaku baru pertama kali ini ia berjualan pakaian awul-awul di pertandingan sepak bola. Sebelumnya, ia biasanya melayani penggemar thrifting dengan berjualan di toko.

"Baru kali ini, biasanya di toko," terang Rega.

Kendati belum lazim, sebenarnya tak aneh dengan apa yang dilakukan Rega. Terlebih, dengan hadirnya kultur suporter bergaya casual ala suporter Inggris di Tanah Air.  Suporter ini identik dengan pakaian dari merk-merk tertentu.

Di Kota Solo, suporter demikian umumnya menamakan diri mereka sebagai Surakartans atau kelompok lain. Sebagian besar suporter tersebut menempati tribun timur sisi utara Manahan atau di tribun-tribun lainnya.

Namun, Rega membantah ia berjualan lantaran berkembangannya kultur suporter casual di Solo. Di mana, barang dagangannya sebagian juga identik dengan item-item khas suporter casual. Yang pasti, ia berdagang pakaian itu lantaran ingin meraup untung dari puluhan ribu orang yang datang.

"Kurang tahu, yang penting karena ramai aja sih," tuturnya.

Iseng-iseng tes ombak pun berhasil, Rega mengaku dagangannya laku sejak jelang laga. Selain pakaian bekas, Rega juga berjualan pernak-pernik Persis berupa scraft yang ia pajang bersandingan dengan awul-awulnya.

"Ini yang beli ada, lumayan juga. Saya juga jualan scraft produksi Bandung,"

Demikian, Rega masih belum tahu untuk meneruskan berdagang awul-awul di pertandingan-pertandingan Grup A Piala Presiden lainnya yang seluruhnya digelar di Stadion Manahan.

"(Jualan awul-awul lagi?) Nanti lihat kedepannya," tukasnya.

Laga Persis vs PSS dihadiri sekira15 ribu penonton bertiket di dalam stadion. Sisanya, beberapa massa tak bertiket nampak memadati area luar stadion selama pertandingan berlangsung.

Sementara itu, Piala Presiden Grup A di Solo dijadwalkan kembali digelar Senin (13/6) sore hari ini, dengan menyajikan pertandingan antara PSIS Semarang vs Persita Tangerang di Stadion Manahan.

Sedangkan tim tuan rumah baru akan kembali bertanding pada Selasa (21/6) minggu depan. Laskar Sambernyawa —julukan Persis— akan menghadapi PSIS di laga bertajuk Derbi Jateng. (dks)

(zend)