Hard News

Penggemar Pepsi Ini Pecahkan Rekor Guinness, Koleksi Lebih dari 12.400 Kaleng

Global

9 Juli 2022 15:22 WIB

Christian Cavaletti, penggemar Pepsi asal Italia memecahkan rekor Guinness karena memiliki 12.402 kaleng Pepsi dari seluruh dunia dan banyak edisi terbatas. (Foto: Dok. Guinness World Records)

Solotrust.com - Christian Cavaletti, penggemar Pepsi asal Italia memecahkan rekor Guinness karena memiliki begitu banyak koleksi kaleng Pepsi.

Sebagaimana dikabarkan Guinness World Records via lamannya Jumat (8/7), Christian mengoleksi 12.402 kaleng Pepsi dari seluruh dunia dan banyak edisi terbatas.



Christian memecahkan rekor untuk pertama kalinya pada Maret 2004 dengan 4.391 kaleng Pepsi.

Lahir pada tahun 1970, Christian mulai mengoleksi kaleng Pepsi pada tanggal 1 Juni 1989. Dia berbagi gairah ini dengan saudaranya Edoardo, yang mulai tertarik pada kaleng Pepsi setelah terpesona oleh film AS Back to the Future (1985).

Dalam film tersebut, Marty McFly (diperankan oleh aktor Michael J. Fox) memesan Pepsi dan menerima botol Pepsi Perfect futuristik.

Edoardo mulai mengumpulkan barang-barang yang terkait dengan film fiksi ilmiah terkenal itu dan Pepsi Perfect ada di antara mereka.

Dua tahun kemudian, Christian dan Edoardo dikenal di dunia kolektor sebagai Pepsi Twins, meskipun Edoardo Cavaletti delapan tahun lebih tua dari Christian.

Sekarang, ruang bawah tanah Christian dipenuhi dengan rak-rak yang dia buat untuk menyimpan semua kaleng Pepsi miliknya, semua dibagi berdasarkan negara dan dalam urutan kronologis.

Dia adalah bagian dari dua klub pengumpul kaleng besar: NPCC (National Pop Can Collectors) dan PCCC (Pepsi-Cola Collectors Club), dan juga berteman dengan Gary Feng (Kanada), pemegang gelar Guinness untuk koleksi kaleng Coca-Cola terbesar (11.308 item).

Christian telah mengumpulkan kaleng dari 81 negara berbeda. Barang-barang baru, langka dan didambakan sering diperoleh berkat banyak mitra dagangnya di seluruh dunia, dari Amerika Serikat, Thailand hingga Australia.

Di antara barang-barang khusus dalam koleksinya, orang dapat menemukan Pepsi edisi pertama yang pernah dibuat. Ini berasal dari tahun 1948, dan bentuknya sangat berbeda dari Pepsi klasik yang kita kenal sekarang.

Kaleng Pepsi seperti yang kita tahu muncul di tahun 60-an, dan Christian memiliki salah satu prototipe pertamanya, yakni kaleng biru muda dengan pusaran cahaya dan logo klasik Pepsi Cola.

Christian juga memiliki kaleng Pepsi edisi khusus dengan latar belakang perak dan foto dirinya sedang memegang sertifikat Guinness World Records yang tercetak di kaleng tersebut. Kaleng unik itu dikeluarkan untuk merayakan item ke-5000 dalam koleksi Christian, dibuat pada Mei 2005.

Item lain yang menarik dalam koleksi Christian diproduksi pada tahun 1985, yang disebut space can. Kaleng yang tampak futuristik ini diproduksi di Amerika Serikat dan merupakan reproduksi dari kaleng yang dikirim pada misi STS 51-F pada tahun 1985.

Kaleng itu dimodifikasi untuk penerbangan luar angkasa dan dilengkapi dengan nosel. Itu adalah bagian dari program yang melibatkan Pepsi dan Coke.

Christian juga memiliki kaleng Pepsi tertua yang dibuat di Eropa, khususnya Spanyol. Koleksi ini menampilkan pahlawan super dari Marvel Universe dan Aviones de Combate, bahasa Spanyol untuk jet tempur, dan ini adalah salah satu set paling berharga yang dibuat pada tahun 80-an. Nilai perkiraannya adalah $40.000.

Christian tidak ingin koleksinya tetap pribadi, atau hanya tampilan kaleng yang statis. Sebaliknya, ia ingin mengubah koleksinya menjadi pameran kaleng Pepsi terbesar di dunia.

"Lebih dari 15.000 kaleng berbeda akan ditampilkan, tetapi hari demi hari, jumlahnya akan meningkat, membuat setiap kunjungan menjadi pengalaman yang unik, bahkan setelah beberapa kali," tulis Christian di situsnya.

Berasal dari Milan, pria yang memfavoritkan Pepsi edisi Wild Cherry dari AS ini memiliki gelar master dalam Kimia Organik Sintetis. Ia bekerja sebagai Manajer Lokasi di perusahaan tekstil lokal. (Lin)

(zend)