Entertainment

A2K, Proyek JYP Ciptakan Girlgroup Amerika Pertama dengan Sistem K-Pop

Musik & Film

28 Juli 2022 12:18 WIB

JYP Entertainment akan membuat proyek besar bernama "A2K", untuk mendebutkan girlgroup AS pertama dengan sistem K-Pop (Dok. JYP Entertainment)

Solotrust.com -JYP Entertainment, rumah bagi grup-grup K-Pop papan atas seperti TWICE, Stray Kids, dan ITZY, akan meluncurkan sebuah proyek untuk mendebutkan girlgroup di Amerika Serikat bernama "A2K (America2Korea)" dengan sistem K-Pop.

Proyek ini akan bekerjasama dengan Republic Records, salah satu label terbesar di AS yang dimiliki oleh Universal Music Group.



"Kami akan menemukan, mengidentifikasi, dan mengkurasi talenta dari Amerika tetapi dengan menerapkan sistem JYP dalam mengembangkan supergrup, yang merupakan sesuatu yang belum pernah kami lihat sebelumnya," kata CEO Republic Records Monte Lipman dalam sebuah pengumuman melalui YouTube pada 25 Juli.

"Bagi siapa pun di luar sana yang merupakan penggemar K-pop, bagi siapa pun di luar sana yang ingin mengejar peluang untuk A2K, ini adalah momen yang luar biasa," lanjutnya.

Girlgroup ini rencananya akan bekerja utamanya di kawasan Amerika Utara. Untuk ini, JYP akan mengadakan audisi di lima kota Amerika yakni  Atlanta, Chicago, New York, Dallas, dan Los Angeles. Semua musik grup ini nantiny akan dirilis di bawah JYP Entertainment dan Republic Records.

Mereka yang lolos audisi akan menjalani kamp pelatihan di LA untuk babak penyisihan terakhir. Setelah menerima pelatihan intensif dari berbagai koreografer dan produser K-pop di markas JYP di Korea Selatan, pemenang akan dipilih.

"Artis terakhir yang keluar dari prosedur ini akan menjadi artis Amerika pertama yang dibuat dari sistem K-pop," kata kepala JYP Entertainment, Park Jin young. Dia juga mengatakan bahwa trainee nanti harus menjalani pelatihan yang sangat keras seperti pesenam Olimpiade.

"A2K adalah proyek terbesar bagi saya dan JYP Entertainment," kata Park Jin Young.

JYP Entertainment dan Republic Records sendiri telah bekerja sama beberapa kali selama beberapa tahun terakhir. Pada bulan Februari, JYP Entertainment menandatangani kemitraan yang diperluas dengan Republic Records untuk memperluas aktivitas ITZY dan Stray Kids di Amerika Serikat.

Kedua perusahaan awalnya menandatangani kemitraan strategis pada tahun 2020, yang berfokus pada kemajuan girlgroup TWICE di industri musik AS. Pada bulan Maret, JYP Entertainment mendirikan JYP USA.

JYP Entertainment, yang didirikan pada tahun 1997, adalah salah satu dari empat agensi K-pop terbesar, selain SM Entertainment, YG Entertainment dan HYBE.

Sementara itu Republic Records, yang didirikan pada tahun 1995, menjadi rumah bagi sejumlah penyanyi terkenal seperti Taylor Swift, Ariana Grande, dan Post Malone. (Lin)

(wd)