Entertainment

BTS Masih Mungkin Tampil di Luar Negeri Selama Wajib Militer, Kata Menteri Pertahanan Korea

Selebritis

3 Agustus 2022 16:11 WIB

BTS (Dok. Big Hit Music)

Solotrust.com -Meski tengah melaksanakan wajib militer, BTS dikatakan masih mungkin tampil di luar negeri. Dalam pertemuan komite pertahanan parlemen pada hari Senin (1/8), sebagaimana dikabarkan Yonhap News, Menteri Pertahanan Lee Jong Sup mengatakan mungkin ada cara untuk memungkinkan anggota BTS tampil di luar negeri sambil menjalankan wajib militer mereka.

Dia mengatakan masalah wajib militer BTS dapat ditangani tanpa melanggar prinsip keadilan dan kesetaraan.



"Saya percaya ada cara untuk memberi BTS kesempatan untuk terus tampil demi kepentingan nasional Jika mereka bergabung dengan militer, saya percaya akan ada cara untuk memungkinkan mereka berlatih dan bergabung dengan pertunjukan di luar negeri," kata Lee.

"Banyak orang yang menganggap tinggi wajib militer itu sendiri, dan saya pikir anggota BTS yang mendaftar wajib militer benar-benar dapat membantu dengan popularitas mereka," ujar Lee.

Komisaris Administrasi Tenaga Kerja Militer, Lee Ki Sik, juga mengatakan kepada Majelis Nasional bahwa badan tersebut sedang meninjau berbagai opsi layanan militer alternatif untuk membantu BTS melanjutkan kegiatannya bahkan setelah wajib militer.

Di Korea Selatan, semua pria berbadan sehat diwajibkan untuk bertugas di militer selama sekitar dua tahun oleh hukum. Meski demikian peraih medali Olimpiade dan musisi klasik pemenang penghargaan internasional dapat dibebaskan dari wajib militer sebagai pengakuan atas peran mereka dalam meningkatkan reputasi negara di luar negeri.

Dengan kesuksesan BTS, beberapa orang berpendapat bahwa pencapaian mereka seperti memenangkan Billboard atau Grammy Awards, juga harus diakui secara setara dengan prestasi yang dibuat oleh bintang olahraga dan musisi klasik.

Selama beberapa tahun terakhir, RUU telah diusulkan untuk merevisi undang-undang dinas militer untuk memberikan pengecualian kepada selebriti pop terkemuka, tetapi belum ada yang lolos dari majelis.

Semua anggota BTS harus memenuhi wajib militer mereka, yangmana Jin sebagai anggota tertua (kelahiran 1992) wajib masuk militer pada akhir tahun ini. (Lin)

(wd)