Entertainment

Keputusan Wajib Militer BTS Diumumkan Desember, Kata Menteri Kebudayaan Korea Selatan

Selebritis

9 Oktober 2022 12:04 WIB

BTS. (Foto: Dok. Bighit Music)

Solotrust.com - BTS dan wajib militernya masih menjadi pembicaraan sampai saat ini. Pertanyaan apakah grup beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook itu akan menjalani wajib militer atau tidak masih belum terjawab.

Namun, baru-baru ini Menteri Kebudayaan Korea Selatan Park Bo Gyoon memberikan titik terang. Sebagaimana dilansir Yonhap News, kementeriannya akan menentukan apakah akan memberikan pengecualian BTS dari wajib militer aktif pada Desember nanti.



"Kementerian akan menentukan posisinya sedini mungkin karena masalah wajib militer anggota tertua BTS Jin akan selesai pada bulan Desember," kata Park menanggapi permintaan dari Lee Yongho dari partai People Power Party yang tengah berkuasa.

Di Korea Selatan, semua pria Korea Selatan yang berbadan sehat diwajibkan untuk bertugas di militer untuk jangka waktu sekitar dua tahun. Undang-undang wajib militer Korea Selatan memungkinkan pengecualian untuk atlet pemenang penghargaan atau medali internasional dan musisi klasik. Seruan telah berkembang di antara penggemar BTS bahwa pengecualian semacam itu harus diterapkan pada artis yang lebih luas.

RUU tentang memasukkan artis budaya pop pria yang diakui secara global seperti BTS pun masih tertunda di Majelis Nasional, menjadi perdebatan yang berkepanjangan.

Ya, sebelumnya anggota parlemen Korea Selatan mengusulkan undang-undang yang menyerukan revisi Undang-Undang Layanan Militer, yang disebut undang-undang BTS, untuk memungkinkan artis K-pop, yang telah berkontribusi besar dalam meningkatkan posisi global bangsa dan telah menerima rekomendasi dari menteri kebudayaan untuk bekerja di bidang mereka selama 34 bulan di bawah program alternatif dan memperpanjang wajib militer mereka sampai mereka berusia 30 tahun. RUU tersebut masih dalam proses di Majelis Nasional.

HYBE, selaku perusahaan yang menaungi BTS, mengaku mendapat kesulitan perkara wajib militer yang keputusannya belum juga final ini. Hal ini mereka ungkapkan dalam konferensi pers di MGM Grand Hotel, jelang konser BTS di Las Vegas pada April lalu.

Dalam kesempatan itu, Chief Communication Officer (CCO) Lee Jin Hyeong menjawab pertanyaan terkait masalah pendaftaran militer BTS.

"Kami sangat berhati-hati dalam berbicara tentang masalah pendaftaran militer karena kami tahu betapa pentingnya hal itu di Korea Selatan. Satu hal yang ingin kami katakan adalah bahwa para artis telah menyerahkan segalanya tentang masalah ini di tangan perusahaan saat ini," kata Lee, seperti diberitakan The Korea Herald.

"Mereka telah berulang kali menyatakan di masa lalu bahwa mereka akan menjalankan tugas mereka dan bagian itu tidak berubah. Namun sejak tahun 2020, sistem wajib militer telah berubah, bergeser dengan cara yang tidak diharapkan oleh para anggota. Dan sejak revisi Undang-Undang Dinas Militer telah diusulkan awal tahun ini, para artis telah menyerahkan semua pengambilan keputusan terkait di tangan perusahaan," lanjut Lee.

"Para anggota sendiri merasa sulit untuk menangani masalah ini karena tidak mungkin untuk memprediksi titik pendaftaran yang tepat dan ini mengganggu mereka ketika mereka mencoba membuat rencana. Firma dan artis mengikuti masalah ini dengan sangat cermat, dan kami akan mencoba yang terbaik sehingga berakhir ke arah yang menguntungkan artis dan masyarakat kita," tambah Lee.

Lee mendesak anggota parlemen untuk segera membuat keputusan.

"Karena ini adalah masalah yang mendapat perhatian internasional, kami percaya diskusi telah berkembang cukup jauh di dalam masyarakat dan di Majelis Nasional. Kami berharap itu akan diputuskan dalam masa Majelis Nasional ini, jika diteruskan ke yang berikutnya, diskusi tanpa akhir ini akan berlanjut, dan ketidakpastian seperti itu jujur membebani kami. Mudah-mudahan, masalah ini segera selesai," harapnya.

Jin, anggota tertua BTS pun untuk kesekian kalinya telah menanggapi perihal wajib militer ini. Dalam kesempatan itu dia membenarkan bahwa dia mempercayakan masalah ini kepada perusahaan.

"Saya berbicara banyak tentang masalah ini dengan perusahaan dan memutuskan untuk mempercayakannya kepada perusahaan sebanyak mungkin. Jadi saya bisa mengatakan apa yang dikatakan perusahaan adalah apa yang saya katakan," kata Jin.  (Lin)

(zend)