Hard News

Kemeriahan HUT RI ke-77 bersama Pasien RSJD Solo

Jateng & DIY

16 Agustus 2022 20:09 WIB

Lomba dalam rangka HUT Ri di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Solo.

SOLO, solotrust.com-Pasien Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Solo melakukan kegiatan lomba Agustusan untuk menyambut kemerdekaan ke-77 RI.  Setelah dua tahun tidak melakukan berbagai kegiatan tersebut dikarenakan adanya pandemic, Akhirnya bisa terselenggara kembali.

Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial, Pebriyanto Nindyo  mengatakan, selain untuk memeriahkan hari kemerdekaan, kegiatan tersebut juga dapat melatih rasa kepercayaan diri, kemampuan berkompetisi, dan menekan gejala-gejala yang muncul pada pasien.



"Jadi, harapannya memang apa yang menjadi gangguan isi pikirannya bisa tertekan dengan permainan-permainan. Karena memang lomba-lomba ini disetting meriah," ujarnya pada solotrust.com, Selasa (16/8).

Pasien yang ikut lomba merupakan pasien yang sudah berada di ruang rehabilitasi atas rujukan dokter serta pasien yang rawat jalan.

"Pasien yang dikirim ke rehabilitasi itu, dia sudah atas rujukan dokter. Jadi, dokter itu sudah merujuk dengan kondisi dia yang sudah bagus untuk rehab. Itulah yang kita ikutkan lomba. Termasuk pasien yang rawat jalan, dia kan sudah pulang dari rawat inap. Tapi, keterampilan dia masih kurang, kebetulan selama seminggu ini masih lomba-lomba, jadi ikut sekalian. Nanti setelah kegiatan ya, pulang," terangnya.

Kegiatan ini sudah memasuki hari ketiga, di mana jenis perlombaanya ada balap karung, balap bakiak, tangkap belut dan kelereng sumpit.

"Ini sudah hari ketiga. Nanti hari ke empat besok kan libur, kita upacara. Ini tadi pagi kita sudah balap karung, balap bakiak, kemudian tangkap belut serta kelereng sumpit. Kalau kemarin kita ada futsal, tapi futsalnya bukan futsal murni kayak gitu. Futsal yang pakai contong torong kayak gitu. Jadi, kita buat setting meriah saja. Ya, lomba-lomba itu tujuan kita memang supaya meriah," pungkasnya. (ant/rka).

(wd)