Pend & Budaya

Bhakti Skanja untuk Merah Putih, Dukung Kemeriahan HUT ke-77 RI

Pend & Budaya

20 Agustus 2022 10:23 WIB

Lomba menghias ruang kelas di SMKN Jatipuro, dalam rangka HUT ke-77 RI.

KARANGANYAR, solotrust.com- Memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke- 72  Provinsi Jawa Tengah, SMK Negeri Jatipuro melaksanakan serangkaian kegiatan lomba untuk para siswa  dengan tema kegiatan Merah Putih Kelasku Pancasila Jiwaku. 
 
Serangkaian lomba tersebut antara lain menghias kelas sesuai dengan tema. Kegiatan lomba dimulai pada Kamis - Senin (11-15/8/2022). Lomba diikuti siswa siswi dari 20 kelas, yaitu kelas X dan kelas XI. 
 
Dengan dibimbing wali kelas masing masing, siswa mendesain dan menghias kelas sesuai dengan kreativitas dengan menggunakan berbagai bahan plastik bekas, kertas , kayu serta logam bekas lainnya. 
 
Selain itu siswa juga mengecat tembok kelasnya sesuai warna tema yang ditentukan. Semua pembiayaan untuk menghias kelas tersebut swadaya siswa .
 
Sementara lomba berikutnya dilaksanakan pada Selasa (16/8), dimana lomba terdiri   dari permainan tradisional gobak sodor, lari bakiak, menangkap belut dan fashion show / Skanja Fashion Week. Lomba tersebut wajib diikuti setiap kelas dengan mengirimkan wakilnya minimal satu regu atau satu orang. 
 
Rangakaian kegiatan lomba ini dimaksudkan untuk mengingatkan kembali nilai – nilai luhur budaya bangsa melalui permainan tradisional, meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan seluruh warga sekolah, membangun  patriotisme dan nasionalisme warga sekolah melalui lomba menghias kelas yang bertemakan Merah Putih Kelasku Pancasila Jiwaku.
 
"Manfaat dari rangkaian kegiatan tersebut adalah terbentuknya semangat juang, nasioanalisme, kreativitas dan inovasi seluruh warga sekolah sehingga dapat meningkatkan prestasi sekolah secara keseluruhan." Ujar Kepala SMK N Jatipuro Sri Eka Lelana.
 
Pihaknya juga berharap kegiatan ini menjadi usaha bersama warga sekolah dalam mangayubagyo HUT ke- 77 RI dan Hari jadi ke- 72 Provinsi Jawa Tengah.
 
Guru Tata Busana SMK N Jatipuro Fitri Dyah Sulistyani mengatakan, pihaknya  sangat senang dan mengapresiasi kegiatan lomba yang diadakan oleh sekolah dalam rangka menyemarakkan dan memeriahkan HUT RI.
 
Menurutnya lomba yang diadakan membawa manfaat dan tujuan yang diprogramkan, sehingga tidak semata  hanya mengedepankan kegembiraan, namun pesan dan tujuan kegiatan yang lebih diutamakan. 
 
"Jadi ini kita lebih ke arah tujuan dari peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia, tidak semata mata hanya untuk senang senang saja," terangnya 
 
Kegiatan lomba ini dilakukan dengan standar disiplin dan ketertiban, sehingga acara dapat terlaksana dengan lancar.

(Wd)