Hard News

Kebakaran Toko Perabotan Maju di Tipes, 15 Unit Pemadam Kebakaran Dikerahkan

Jateng & DIY

16 November 2022 11:00 WIB

Kebakaran toko peralatan rumah tangga Maju Homewares di Jalan Veteran No. 244, Kelurahan Tipes, Kecamatan Serengan, Solo, Rabu (16/11/2022) pagi. (Foto: Dok. solotrust.com/rizka)

SOLO, solotrust.com - Peristiwa kebakaran terjadi di sebuah toko peralatan rumah tangga Maju Homewares di Jalan Veteran No. 244, Kelurahan Tipes, Kecamatan Serengan, Solo, Rabu (16/11/2022) pagi. Kebakaran bermula dari lantai atas bangunan tiga lantai ini.

Menurut keterangan yang diperoleh dari seorang warga di sekitar lokasi, Ning (58), kebakaran bermula sekira pukul 07.30 WIB. Saat itu toko dalam keadaan sepi lantaran masih tutup.



"Asapnya tebal banget keluar dari lantai dua toko. Tokonya belum buka, tidak ada orang di dalam. Ketika pemadam kebakaran tiba, petugas masuk dengan merusak pintu. Teralis jendela di lantai dua juga dipotong untuk akses petugas," kata Ning.

Warga yang mengetahui kebakaran langsung menghubungi unit Pemadam Kebakaran Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Tak lama, petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian. Sebanyak 15 unit mobil pemadam kebakaran dari Soloraya dikerahkan untuk memadamkan api.

Kepala Pemadam Kebakaran Solo, Sutarja menyebut hingga kini tak ada korban jiwa akibat kebakaran, mengingat para karyawan belum bertugas di toko. Pihaknya mengaku kesulitan memadamkan api karena toko terkunci rapat dengan gembok.

"Nah ini tadi pasukan mau membongkar teralis (bagian atas bangunan) juga kesulitan. Kalau teralis bisa dibongkar barang kali kami bisa masuk dan cepat selesai. Teralisnya juga kesulitan, sehingga kami tembak dari luar, dari boven (jendela) itu," beber Sutarja.

Sementara keberadaan barang-barang perabotan dan elektronik di dalam toko yang mudah terbakar membuat pemadaman api lebih lama. Adapun hingga pemadaman dilakukan, pemilik toko belum diketahui keberadaannya.

Pantauan solotrust.com pada pukul 09.30 WIB, petugas pemadam kebakaran belum dapat menjinakkan api secara menyeluruh. Sementara guna memperlancar proses pemadaman, polisi menutup ruas Jalan Veteran di depan Polsek Serengan. Arus lalu lintas dialihkan ke jalan-jalan di sekitarnya. (riz)

(and_)