Pend & Budaya

Gelar Seminar Bisnis, UMUKA Ajak Gen Z Miliki Jiwa Kewirausahaan

Pend & Budaya

16 Juni 2023 14:03 WIB

Seminar kewirausahaan bertajuk Generasi Z Melek Bisnis di aula Universitas Muhamadiyah Karanganyar (UMUKA), Kamis (15/06/2023)

KARANGANYAR, solotrust.com - Kemampuan dalam penjualan secara offline perlu tetap dimiliki para Generasi (Gen) Z yang ingin masuk ke dunia entrepreneur alias wirausaha,meski berada di tengah kemudahaan teknologi.

Hal itu disampaikan founder Klinik Gigi Gigigo Dental Care, Rohmad Nur Cahyo saat mengisi acara seminar kewirausahaan bertajuk 'Generasi Z Melek Bisnis' di aula Universitas Muhamadiyah Karanganyar (UMUKA), Kamis (15/06/2023).



Menurut pria akrab disapa Ryo itu, kemampuan menjual secara offline merupakan dasar dalam memulai suatu usaha. Kendati memang antara penjualan secara online dan offline memiliki keunggulan masing-masing.

"Pengusaha saat ini masih banyak yang mendapat keuntungan dari penjualan secara offline, sedangkan penjualan secara online dapat dijadikan sarana pengingat untuk memperluas penjualan produk," jelasnya.

Ryo mengungkapkan, para generasi Z penting mendalami keterampilan penjualan lebih matang, sebelum mengarah ke tahap promosi produk ataupun branding.

"Dalam penguasaan skill selling atau penjualan sudah mencakup kemampuan menyampaikan informasi produk sejelas-jelasnya kepada para pembeli," paparnya.

Ditambahkan, setelah berhasil melakukan penjualan produk akan mudah untuk melangkah ke tahap selanjutnya seperti branding maupun promosi melalui keuntungan didapat dari proses penjualan.

Usai acara seminar, Kabag Kemahasiswaan Universitas Muhamadiyah Karanganyar, Dimas Fajar Nugroho, menyampaikan penyelenggaraan seminar ini untuk menanamkan mindset kepada para mahasiswa maupun peserta agar memiliki jiwa seorang entrepreneur.

"Dengan memiliki mindset ini kita harapkan para peserta dan mahasiswa bisa menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru melalui bisnis yang dibangun. Selain itu juga tidak terpaku pada keinginan menjadi seorang karyawan pascalulus dari universitas," ujarnya.

Dimas Fajar Nugroho menambahkan, seminar diikuti 270 peserta dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa UMUKA, Universitas Muhammadiyah Klaten, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan siswa-siswi SMA di sekitar Kabupaten Karanganyar.

Seminar kewirausahaan ini menghadirkan tiga narasumber, yakni founder Klinik Gigi Gigigo Dental Care Rohmad Nur Cahyo, dosen jurusan Akuntansi UMUKA Umatun Markumah, dan owner Chilli Pari Gibran Rakabuming Raka. (joe)

(and_)